• Follow Us On : 
DPD IPK Karo Gelar Aksi Donor Darah, Gembira Ginting: Setetes Darah Bisa Selamatkan Banyak Nyawa Tampak, peserta donor darah atas nama Rianto Ginting mendonorkan darahnya bertempat di Pendopo kantor Bupati Kabupaten Karo, Jumat (28/8/2020) siang. Foto: KS

Bumi Turang

DPD IPK Karo Gelar Aksi Donor Darah, Gembira Ginting: Setetes Darah Bisa Selamatkan Banyak Nyawa

Jumat, 28 Agustus 2020 - 17:00:34 WIB
Dibaca: 2071 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (DPD IPK) Kabupaten Karo  menggelar kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karo. Program ini merupakan bentuk kepedulian IPK dalam menjamin stok darah, yang tak lain untuk ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

Donor darah dilaksanakan bertempat di Pendopo kantor Bupati Kabupaten Karo, Jalan Vetran Kabanjahe, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Jumat 28/08/2020 siang.

Untuk itu, Ketua DPD IPK Kabupaten Karo, Gembira Ginting kepada wartawan di sela - sela kegiatan tersebut, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program yang akan dilakukan secara rutin

Tujuannya, papa Gembira, agar sumbangsih darah dari kader IPK dapat berkesinambungan.

"Ini akan kita jadikan kegiatan berkala. Kader IPK berkomitmen memberikan kontribusi membantu PMI dalam menjaga stok darah. Setetes darah, bisa menyelamatkan banyak nyawa," sebut Gembira.

Peserta donor darah tidak hanya dari kader IPK, namun juga sejumlah masyarakat yang bermukim di Kabupaten Karo.

"Ada masyarakat sekitar yang terketuk hati nuraninya ikut mendonorkan darah. Ini suatu yang luar biasa. Masyarakat bersinergi dengan IPK menjalankan kegiatan positif dan bermanfaat," ujar Gembira.

Lebih lanjut dikatakan Gembira, program donor darah ini tidak hanya membantu PMI dalam menjaga stok darah, namun juga mendorong kader IPK untuk menjaga pola hidup sehat.

"Pada tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Kader IPK harus sehat jasmani dan rohani, agar bisa berkarya untuk masyarakat luas," harap Ketua DPD IPK Kabupaten Karo ini.

Sedangkan, Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kabupaten Karo, dr. Yehezkiel Ginting, kepada wartawan, menjelasakan, hasil yang diperoleh dari program donor darah DPD IPK Kabupaten Karo sebanyak 47 kantung darah

"Peserta yang mengisi formulir calon pendonor puluhan orang. Tetapi yang dinyatakan layak hanya 47 orang saja. Ada dua orang dinyatakan belum memenuhi syarat, dan kegiatan ini masih berjalan. Sampai saat ini PMI sudah mendapatkan 47 kantung  darah " jelas dr Yehezkiel seraya
menyebutkan, penyebab utama calon pendonor dinyatakan tidak layak akibat hemoglobin (HB) tinggi dan HB rendah serta kurang istirahat atau tensinya terlalu rendah.

Kemudian juga mengungkapkan, bahwa persediaan darah di PMI Kabupaten Karo hanya tersedia untuk sebulan kedepan.

"Bahkan masih bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan darah di daerah-daerah lainnya," tambah dr Yehezkiel.


HUT IPK ke 51

Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial IPK kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan. Itulah misi DPD IPK Kabupaten Karo.

Menurut Ketua Panitia aksi sosial HUT IPK ke 51, Jesaya Pulungan, SH., menyampaikan setidaknya lebih dari 91 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari masyarakat dan kader IPK.

“Dari peserta yang mendaftar rata -rata banyak yang lolos sementara, sebagian kecil yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat,” jelas Jesaya.

Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat dan kader IPK Karo.  “Semoga dari donor darah ini bisa membantu, masyarakat yang membutuhksn,” harap Jesaya.

Pernyataan senada disampaikan Monank Sitanggang, yang baru kali ini mendonor darahnya. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para relawan  dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.


Hadir dalam acara itu yakni: Ketua DPD IPK Kabupaten Karo Gembira Ginting, Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sebayang, Kapolres Tanah Karo yang di wakili Kompol Hasian Penggabaen, Kejaksaan Negeri Kabupaten Karo diwakilkan Mas Benni, SH., seluruh anggota IPK dan pengurus IPK se- Kabupaten Karo. (KS).




Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER