• Follow Us On : 
Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Petani Bajak Sawah Gunakan Traktor di Desa Nageri Pelda Darianto diatas traktor untuk membantu membajak sawah petani di Desa Nageri, Jumat (22/2/2019). Foto:KS

Kabar Desa

Swasembada Pangan, Babinsa Bantu Petani Bajak Sawah Gunakan Traktor di Desa Nageri

Jumat, 22 Februari 2019 - 14:17:20 WIB
Dibaca: 3928 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 07/Juhar Pelda Darianto, membantu petani membajak sawah menggunakan traktor milik Kelompok Tani Kuta Tengah Desa Nageri, Kecamatan Juhar Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, di lahan kurang lebih 0,4 hektare, Jumat (22/2/2019).

Dijelaskan Pelda Darianto, membajak sawah adalah suatu kegiatan yang dilakukan petani untuk menggemburkan lahan pertanian sebelum masa tanam.

Selain itu, ungkapnya, guna mendukung program ketahanan pangan nasional pada percepatan masa tanam kedua pada tahun 2019, dan luas tambah tanam (ltt).

"Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar segera mengolah sawahnya dan untuk mempercepat masa tanam. Karena kebiasaan para petani setelah masa panen kadang terlambat mengolah kembali lahan sawah dengan alasan dan kesibukkan menjemur padi atau gabah hasil panen," tuturnya.

"Hal ini harus diingatkan dan disosialisasikan agar lahan tidak terbiarkan terbengkalai begitu saja, sehingga tidak ada lahan yang nganggur,” imbuh Pelda Darianto.

Ditambahkannya, percepatan penanaman padi terus dilakukan sehingga dipastikan hasil panen petani tahun akan ini akan meningkat.

"Kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Babinsa selain mendampingi para petani, supaya kehidupannya lebih sejahtera juga bertujuan  untuk mewujudkan ketahanan pangan di wilayah binaan sehingga tercapai program dari pemerintah untuk swasembada pangan secara nasional,” ujar Pelda Darianto.

Sedangkan, Ketua Kuta Tengah, Metua Darista Sembiring 
mengucapkan terima kasih kepada Babinsa karena telah membantu petani.

"Sehingga kelompok tani kami semakin bersemangat untuk percepatan masa tanam. Semoga hasil panen kami nanti akan semakin melimpah,” ucap Mertua kepada www.petunjuk7.com, Jumat (22/2/2019). (KS).

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER