• Follow Us On : 
Insiden Puluhan Siswa SMK Swasta Pijer Podi Berastagi Serang Satpol PP Berakhir Damai Mediasi Satpol-PP Dan Siswa SMK Pijerpodi Berastagi

Insiden Puluhan Siswa SMK Swasta Pijer Podi Berastagi Serang Satpol PP Berakhir Damai

Jumat, 11 November 2022 - 12:05:10 WIB
Dibaca: 410 kali 
Loading...

Petunjuk7.com Insiden puluhan siswa SMK Swasta Pijer Podi Berastagi Kabupaten Karo, yang menyerang petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), pada Selasa (08/11/2022) sekira pukul 11:00 WIB di area lingkungan sekolah berakhir dengan damai.

Hal tersebut disampaikan Kepala Cabang Dinas (Kacabdis) Kabanjahe Dinas Pendidikan, Drs Yeddi Efendi Sipayung M.Pd, Jumat (11/11/2022) melalui Kasi SMK Jusup Ginting sekira pukul 10:00 WIB di SMK Pijerpodi Berastagi Kabupaten Karo.

"Masalah ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan dan berakhir dengan damai. Mediasi atau komunikasi sosial telah dilakukan di ruang Pur-pur Sage Polres Karo semalam dan di SMK Pijerpodi sendiri dan dihadiri orangtua siswa, siswa, pihak sekolah, Satpol PP dan cabang dinas pendidikan Kabanjahe," ujar Kepala Seksi (Kasi) SMK Jusup Ginting, S.Pd kepada wartawan.

Dikatakannya, ada beberapa perintah Kadis yang telah disampaikan agar diterapkan di sekolah. Diantaranya jalin komunikasi lintas sektoral, menerapkan lima S, kegiatan ekstrakurikuler agar ditambah, memperketat disiplin sekolah dan setiap upacara bendera lintas sektoral seperti Polsekta Berastagi , Bhabinkamtibmas, Babinsa, Camat dan Satpol PP dapat mengatur waktu untuk memimpin upacara di sekolah.

"Selain itu, kita juga telah memberikan surat himbauan kepada Kepala Sekolah, agar lebih memperhatikan siswanya disaat jam pelajaran sedang berlangsung. Contohnya tidak ada siswa yang berkeliaran disaat jam pelajaran, berada diluar lingkungan sekolah, sekolah wajib melakukan komunikasi sosial dengan orangtua, Babinsa dan Babinkamtibmas ," ujarnya.

Sementara, terkait kerugian materil yang dialami Satpol PP seperti kerusakan kaca mobil, biaya perobatan anggota Satpol yang terkena lemparan batu dan sebagainya tidak dipermasalahkan lagi.

" Semua kerugiannya itu akan ditanggung pihak Satpol PP dan Pihak SMK Pijerpodi . Nah, untuk itu, saya juga berharap agar pemberitaan di media jangan lagi dibesar-besarkan. Berita ini juga sudah diketahui Kepala Dinas, sehingga ada perintah Kadis yang telah kita sampaikan tadi," bebernya.

Meskipun begitu, ditambahkan Kasi SMK, agar kejadian tersebut tidak terulang lagi dikemudian hari. Pihaknya telah menerapkan kegiatan profil pelajar Pancasila dan senam kesegaran jasmani (SKJ) disetiap sekolah sesuai dengan visi misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

"Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar Indonesia yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, seperti beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis dan kreatif serta berkebhinekaan global," ujar Kasi SMK Jusup Ginting.

"Ini menurut keterangan dari pihak sekolah. Kalau tadinya mereka masuk dan bertanya secara pelan-pelan, para siswa tidak terpancing. Karena diusia mereka masih labil atau panas-panasnya, sehingga pantang terpancing. Namun begitu, kita patut bersyukur karena masalahnya sudah selesai," ujar Kacabdis dan Kasi SMK mengakhiri perbincangan.

Di tempat yang sama, Kasatpol PP Gelora Fajar Purba mengatakan, saya sebagai pimpinan di Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karo, mengucapkan terimakasih atas kehadiran siswa pada acara mediasi terkait permasalahan kemarin. Jadi mulai hari ini, saya minta kepada anak - anak kami supaya rajinlah belajar dan jangan bolos sekolah. Kami pun melakukan rajia tersebut adalah tidak ada kata lain selain operasi " Kasih Sayang ". Itu menandakan karena kami sangat sayang sama kalian, karena kalian lah generasi penerus bangsa ini. Jadi sekali lagi saya sampaikan, jangan lagi mengulangi perbuatan yang serupa, kami tidak ada target dengan SMK Pijerpodi ini ," ucap Kasatpol PP Gelora Fajar Purba. 

Adapun hadir dalam acara mediasi tersebut adalah, Kasatpol PP Gelora Fajar Purba, Kasat Binmas AKP Budianta, Babinsa Koramil 03/BT Sertu Irwansyah, Kepala SMK Pijerpodi Timotius Ginting dan Siswa SMK Pijerpodi Berastagi. 

 

[ SEKILAP ]



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER