• Follow Us On : 
Cegah Kemacetan Saat Natal dan Tahun Baru, Begini Tindakan Polres Tanah Karo Anggota Satlantas Polres Tanah Karo peragakan rambu - rambu pada jalur alternatif, Kamis (20/12/2018). Foto:KS

Cegah Kemacetan Saat Natal dan Tahun Baru, Begini Tindakan Polres Tanah Karo

Kamis, 20 Desember 2018 - 23:33:57 WIB
Dibaca: 1626 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pihak kepolisian memastikan akan menyiapkan jalur alternatif jelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Jalur alternatif tersebut disediakan untuk mengurai kemacetan lalu lintas akibat tingginya kendaraan arus mudik saat Natal dan Tahun Baru. 

Demikian disampaikan Kapolres Karo AKBP Benny R Hutajulu, SIK., melalui Kasatlantas Polres Tanah Karo AKP Edward Simamora terkait jalur alternatif tersebut kepada www.petunjuk7.com, Kamis (20/12/2018).

Edwart menjelaskan, memprediksi
lonjakan arus mudik akan terjadi menjelang perayaan Tahun Baru 2019.

"Mungkin nanti tanggal 29 Desember 2018. Sedangkan, arus balik diperkirakan baru akan terjadi pada 3 sampai 5 Januari 2019," paparnya.
    
"Tahun baru lebih ramai ya. Diperkirakan puncaknya masyarakat sebagai pengguna lalu lintas cukup padat menuju objek wisata. Sebagian lagi untuk bersilaturahmi. Ini kita antisipasi bersama,” ungkapnya.

Diterangkan Edward, untuk mengurai padatnya arus mudik, pihaknya akan melakukan pembuatan rambu - rambu di jalur alternatif.

Ini dilakukan lanjutnya, untuk menghindari terjadinya penumpukan di sejumlah ruas jalan. Kemudian, lihaknya pun telah menyiapkan pemetaan jalur alternatif yang nantinya dapat digunakan oleh para pemudik.

Pihak Polres Tanah Karo juga menyediakn Pos Pam dan Posyan untuk  multifungsi bagi pengguna jalan dengan berbagai fasilitas memadai di titik-titik yang ditetapkan sebagai simpul kemacetan.

Untuk mempermudah kegiatan tersebut, pihaknya tutur Edwar akan bekerja sama dengan TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, Sapol PP tingkat Kabupaten, anak anak pramuka, serta stekholder untuk penyedia fasilitas para pengguna jalan.

“Kami telah meninjau secara rutin untuk mendeteksi lonjakan arus mudik jelang Natal dan Tahun Baru 2019 yang diperkirakan sama dengan Hari Raya Idul Fitri,” ujarnya.

Namun terkait lonjakan arus mudik Natal dan Tahun Baru kali ini akan ada perbedaan.

"Perayaan Tahun Baru 2019 akan lebih banyak mengalami lonjakan arus lalu lintas. Jadi saya imbau kepada masyarakat agar tetaplah berhati - hati khususnya kepada pengemudi roda dua dan roda empat. Seandainya nanti terjadi arus padat di seputaran Hotel Mikki Holidai, pengendara bisa melewati jalur alternatif melalui Tekongan Pelawi keluarnya Persimpangan Hotel Sibayak, yang dari Siantar, Sibolga, Sidikalang atau pun dari Aceh Singkil. Pengendara bisa melewati jalur alternatif di Tiga Panah, keluar Tugu Jeruk Desa Tongkoh maupun sebaliknya dan tetap budayakan antri, serta tidak saling mendahului," pinta Kasatlantas Polres Tanah Karo ini. (KS)






Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER