• Follow Us On : 
Kamar Mandi yang Sehat Harus Selalu Kering Ilustrasi. Foto: Pixabay.com

Tips

Kamar Mandi yang Sehat Harus Selalu Kering

Ahad, 18 Maret 2018 - 02:28:47 WIB
Dibaca: 2073 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Di banyak rumah di Indonesia yang tropis, kamar mandi identik dengan ruang yang lembab, basah, jorok, dan bau. Padahal, kamar mandi yang lembab adalah tempat  berbiaknya kuman dan bakteri.

Rumah-rumah di perkotaan yang makin mungil serta padat-rapat membuat kuman dan bakteri itu mudah menyebar ke seantero ruang.

“Kamar mandi yang sehat itu harus selalu kering. Bakteri tidak mudah berbiak dalam kondisi kering. Itulah sebabnya kamar mandi harus terang dengan sirkulasi udara bagus. Kalau tidak mungkin ada jendela, kita bisa menggantinya dengan exhaust,” kata arsitek Rina Renville dari De’stijl Cipta Kreasi, sebuah perusahaan konsultan desain di Jakarta.

Wahyu Achadi, arsitek lain dari HomeWorks, konsultan desain dan arsitektur lain di Jakarta, menambahkan, untuk membuat kamar mandi yang sehat, kita perlu membagi ruangnya menjadi area basah (untuk mandi) dan kering (tempat wastafel dan kloset).

“Di area basah tidak perlu pasang bak mandi, cukup shower (pancuran mandi). Sedangkan kloset harus dilengkapi jet washer (pembilas semprot),” katanya.

Selain hemat air, penggunaan shower membuat jatuh air lebih fokus ke arah badan, tidak lari ke mana-mana. Begitu juga jet washer, membantu kita berbilas setelah BAB tanpa air menyiprat ke luar kloset.

Bidang seluas 1,5 x 1,5 m2 sudah cukup untuk membuat kamar mandi yang sehat. Gunakan material yang simpel dan mudah dibersihkan. Bidang dibagi secara tegas antara area shower dan area kering. Posisi area shower dibuat lebih rendah daripada area kering.

Agar mandi tetap leluasa, letakkan head shower di sudut dalam posisi diagonal  berikut tempat sabun dan shampo, sehingga didapat area mandi (basah) yang lebih lapang.

Untuk makin menjamin air tidak menyiprat ke area kering, sehingga bisa memasang shower screen atau tirai (dari kaca, akrilik, atau plastik) sebagai pemisah kedua area. Bersihkan screen secara berkala agar tidak berjamur.

Bila bentuk kamar mandi memanjang, misalnya 1 x 3 m2, pembagian ruangnya lebih mudah. Area shower di satu sisi, kloset dan wastafel dilengkapi cermin serta rak-rak dan lemari kecil di sisi yang lain dekat pintu.

Sumber:Housingestate.id




Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER