MENU TUTUP

Over Kapasitas, 20 Orang Napi Lapas Kelas II B Tebing Tinggi Dipindahkan ke Tanjung Gusta

Sabtu, 27 Juli 2019 | 19:42:54 WIB Dibaca : 1681 Kali
Over Kapasitas, 20 Orang Napi Lapas Kelas II B Tebing Tinggi Dipindahkan ke Tanjung Gusta Kalapas Kelas II B Tebing Tinggi, Theo Adrianus Purba ketika memberangkatkan napi Wanita ke Lapas Tanjung Kusta Medan, Sabtu (27/7/2019). Foto:KS
Loading...

Petunjuk7.com - Karena saat ini jumlah Narapidana (napi) melebihi kapasitas (over kapasitas), sebanyak duapuluh (20) orang warga binaan Lembaga Lemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Tebing Tinggi, Propinsi Sumatra Utara, dipindahkan ke (Lapas) Wanita Tanjung Gusta, Kota Medan.

Demikian disampikan Kepala Lapas Kelas II B Tebing Tinggi, Theo Adrianus Purba, kepada wartawan, mengatakan, bahwa pemindahan 20 napi wanita tersebut, dikarenakan daya tampung Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi sudah melebihi kapasitas, dari jumlah ideal sebanyak 12 orang, saat ini sebanyak 53 orang napi dan tahanan wanita sedang menjalani penahanan dan masa pidana.

"Jumlah ruangan sel ada 3 ruangan. Setiap ruangan yang seharusnya diisi 5 orang terpaksa diisi sebanyak 15 orang,” terangnya.

Menurut Theo ke 20 napi wanita tersebut diberangkatkan ke Lapas Wanita Tanjung Gusta pada Sabtu (27/7/2019), sekitar Pukul 11:20 WIB.

"Mereka dibawa ke Lapas Tanjung Gusta menggunakan kenderaan tahanan Kejari Serdang Bedagai, dengan dikawal oleh petugas Lapas," ungkap Theo.

“Over kapasitas lapas sudah mencapai 350% sehingga berdampak pada proses pembinaan yg tidak maksimal, banyak timbul gangguan kesehatan dan penyakit, ” terangnya.

Theo menambahkan, meskipun kondisinya saat ini overload, tapi pihaknya tetap berupaya meningkatkan pembinaan yang lebih baik.

"Lapas menggandeng Pemko Tebing Tinggi dan steakholder lainnya untuk memberikan pelatihan keterampilan wirausaha. Supaya mereka (napi), nantinya setelah keluar bisa berwirausaha sesuai ketrampilan yang didapat," jelasnya.

“Kita sudah menggandeng investor dan UKM, dalam melakukan pembinaan. Warga binaan diajari beberapa ketrampilan, seperti kerajinan sepatu, pembuatan meubeler, dan ketrampilan sablon. Supaya setelah keluar nanti mereka bisa sadar dan bisa berwirausaha”, tutup Theo Adrianus Purba. (KS).

 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Baiturrahiim Gongsol Kecamatan Merdeka di Hadiri Anak Penghapal Qur'an 30 Juz

2

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

3

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

4

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

5

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat