• Follow Us On : 
Puskesmas Kecamatan Berastagi Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Kepada Masyarakat Petugas Puskesmas Berastagi menjelaskan cara mencuci tangan yang tepat dan pas di Puskesmas Berastagi saat sosialisasi pencegahan virus corona, Rabu (18/3/2020). Foto:KS

Bumi Turang

Puskesmas Kecamatan Berastagi Sosialisasi Pencegahan Virus Corona Kepada Masyarakat

Rabu, 18 Maret 2020 - 14:15:35 WIB
Dibaca: 2440 kali 
Loading...

Petunjuk7.com.- Pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara menggelar sosialisasi pencegahan virus Corona (COVID-19) di ruang publik. Sosialisasi ini digelar sebagai edukasi kepada masyarakat agar terhindar dari virus pneumonia tersebut.

Kepala Puskesmas Kecamatan Berastagi, dr Remenda Br Sembiring mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dalam program Kabupaten Karo untuk tanggap terhadap virus corona.

Selain itu, lanjutnya, guna memberikan informasi mengenai pencegahan COVID-19 yang sengaja digelar di ruang terbuka agar lebih banyak masyarakat yang teredukasi.

"Kami dari Puskesmas Kecamatan Berastagi  menggelar sosialisasi pencegahan COVID-19 di ruang-ruang terbuka. Untuk hari ini, kita gelar di ruangan tunggu Puskesmas ," kata Kepala Puskesmas Berastagi dr Remenda Br Sembiring  saat ditemui wartawan diruang kerjanya, Rabu (18/3/2020).

Dijelaskannya, materi sosialisasi yang diberikan antara lain tentang pengertian COVID-19, dan bagaimana cara menuci tangan dengan baik, hingga penggunaan masker bagi orang yang sakit dan petugas yang berhadapan dengan orang sakit.

Termasuk, paparnya, mengedukasi langkah-langkah bagi masyarakat yang mengalami gejala COVID-19, seperti demam tinggi, batuk, dan bersin.

"Jika ada warga yang mengalami gejala itu maka kita sarankan menggunakan masker. Segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau rumah sakit, dan istirahat yang cukup," jelas Kepala Puskesmas Berastagi.

Ke depannya, sosialisasi ini masif digelar di berbagai ruang publik lainnya. Termasuk di berbagai sekolah di kawasan Kecamatan Berastagi.

"Kami masih akan lakukan sosialisasi ini di beberapa tempat dan sekolah untuk ke depannya," terang dr Remenda.

Sedangkan, seorang warga yang hendak berobat ke Puskesmas Berastagi yang bernama Nd Karlina Br Tarigan (46) kepada wartawan, mengungkapkan, bahwa sosialisasi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat yang khawatir dengan penyebaran COVID-19.

"Ternyata, penyebaran virus itu dapat di cegah dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," sebutnya.

"Tadi petugas memberikan materi edukasi bagaimana cara mencegah virus corona. Intinya, harus menerapkan PHBS, salah satunya rajin mencuci tangan," tutup Nd Karlina. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER