• Follow Us On : 
Portal di Jalan Kapten Selamat Ketaren Baru Dipasang Sehari Sudah Rusak, Ini Penyebabnya... Tampak, satu unit mobil truk Fuso sedang melintas hendak di portal baru yang dibangun akan tetai sudah rusak, Rabu (13/1/2021) malam. Foto:KS

Bumi Turang

Portal di Jalan Kapten Selamat Ketaren Baru Dipasang Sehari Sudah Rusak, Ini Penyebabnya...

Kamis, 14 Januari 2021 - 18:41:10 WIB
Dibaca: 256 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Akibat seringnya dilintasi oleh kendaraan bermuatan berat (mobil truk) membuat akses jalan menjadi rusak.

Karena Muatan Sumbu Terbebani (MST) jalan melebihi tonase. Selain itu kerap pemicu kemacetan di jalan raya.

Nah, untuk mengantisipasi agar truk yang bermuatan tinggi, pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karo memsang portal di Persimpangan Jalan Selamat Ketaren, Kecamatan Kabanjahe, Rabu (13/1/2021) sekitar Pukul 10:00 WIB.

Pemasangan portal yang terbuat dari besi itu langsung dipantau Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana, SH., MH., didampingi Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Karo, Eduward Pontianus Sinulingga, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo, Gelora Fajar, SH., dan Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Karo, Hendra Mitcon Purba.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kabupaten Karo, menilai langkah yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Dinas (OPD) teknis tersebut sudah sangat tepat dan benar.

Sebab aktivitas Jalan Kapten Selamat Ketaren sering melintas kendaraan mobil truck jenis Fuso dengan muatan yang tinggi.

"Dampaknya arus lalu lintas macet. Selain itu, jalan cepat rusak karena muatan tonase melebihi ketahanan jalan raya. "Jelas Terkelin Brahmana.

Poltal Rusak

Akan tetapi, belum ada satu hari portal tersebut dipasang, pada sore harinya sudah rusak dan terlihat besi bulat kosong itu penyok akibat ulah oknum supir yang masih melintas.

Begitu juga menjelang hari gelap, terlihat mobil truk Fuso yang hendak melintas, namun terhalang portal. Padahal di Simpang Cntrum Jalan Nabung Surbakti sudah dipampangkan plang agar tidak melintasi jalan itu.

Melihat itu, beberapa warga sempat berkomentar. "Apakah gak ada matanya sehingga tidak melihat portal yang sudah dipasang," sebut warga sekitar tempat poltal tersebut dipasang.

Lantas warga mengusulkan agar sebaiknya dipasang besi besar dan begitu juga tiangnya supaya ketahanannya sangat kuat.

"Kalau besinya hanya segitu besarnya rusaklah di dorong bak truk itu," ujar warga lagi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, SH., ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (13/1/2021) sekitar Pukul 20:15 WIB, membenarkan, bahwa benar portal itu baru dipasang dan rusak akibat dilintasi truk Fuso.

"Padahal sudah dibuat rambu - rambu dan begitu jalan alternatif. Namun masih ada truk melintas di tengah malam melewati jalan itu. Sedangkan truk yang melintas sehingga merusak portal yang baru dipasang sudah diketahui dan supirnya mengaku salah dan bersedia memperbaikinya," jelas Gelora. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER