• Follow Us On : 
KPU Teken MoU Dengan Kejari Karo Soal Penanganan Pemilihan Serentak 2020 KPU Kabupaten dan Kejari Kabupaten Karo saat penandatanganan MoU bertempat di aula kantor Kejari Kabupaten Karo, Rabu (14/10/2020).Foto: KS

Bumi Turang

KPU Teken MoU Dengan Kejari Karo Soal Penanganan Pemilihan Serentak 2020

Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:39:50 WIB
Dibaca: 260 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo  menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kejaksanaan Negeri (Kejari) Kabupaten Karo dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020, bertempat di aula kantor Kejari Kabupaten Karo, Rabu (14/10/2020). 

Penandatanganan dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Karo, Gemar Tarigan sebagai pihak pertama dan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Karo, Denny Achmad., SH., MH., sebagai pihak ke dua. Saat penandatanganan MoU ini  dihadiri seluruh staf Kejari Kabupaten Karo. 

Adapun tujuan kesepakatan kerja sama ini adalah untuk menangani bersama tentang penyelesaian masalah hukum di bidang perdata dan Tata Usaha Negara (TUN)  yang dihadapi KPU  Kabupaten Karo. Baik di dalam maupun di luar pengadilan, yang  meliputi  kegiatan  berupa  pemberian  bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lainnya di bidang perdata dan TUN.

"Sebagai aparat penegak hukum,  kejaksaan mempunyai tugas dan fungsi utama dibidang penuntutan sebagaimana diatur dalam Undang - undang. Namun, selain itu, kejaksaan juga diberi kewenangan lain yakni di bidang perdata dan Tata Usaha Negara," terang Kajari Kabupaten Karo,
Denny Ahmad, SH., MH., yang di dampingi Kasi Datun Kejari Kabupaten Karo, Dongan Sirait, SH., dalam kata sambutannya. 

'Setelah jejaksaan berdiri, banyak gugatan dari masyarakat pencari keadilan kepada lembaga pemerintahan atau negara,  terkait permasalahan hukum. Sehingga dipandang negara memerlukan pengacara untuk mewakili di pengadilan," paparnya. 

Atas kerjasama itu, Ketua KPU Kabupaten Karo, Gemar Tarigan, menyambut baik dengan adanya kerjasama tersebut. 

"Kami berharap, ini bagian dari preventif kita, antisipasi kita bila sewaktu-waktu KPU menghadapi persoalan hukum. Adanya MoU ini, kami sangan terbantu karena mendapatkan pendampingan dari Kejari Karo. Sehingga setiap persoalan hukum yang akan terjadi mudah-mudahan bisa segera terdeteksi, " sebut Gemar Tarigan dalam kata sambutannya. 

“Dan kami mengucapkan terima kasih kepada Kejari Karo atas perpanjangan MoU selama ini.  KPU Kabupaten Karo  banyak menerima hasil positif dari MoU yang telah dilakukan, terutama dari sisi pendampingan hukum dalam perkara pemilu,  saat pemilu 2019 lalu. Alhamdulillah, pada MoU kemarin saat kita ada problem dalam masalah hukum, dengan bantuan dari Kejaksaan kami banyak mendapatkan ilmu, dan sekaligus manfaat dari kerjasama ini. Semoga KPU kabupaten Karo  kedepan semakin baik, dan kami dalam menjalankan tugas Pilkada secara lancar, aman dan tanpa hambatan," tambah Gemar. (KS). 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER