• Follow Us On : 
Anggota DPRD Karo Ini Sorot Rehab Ruang Isolasi Covid- 19 di RSUD Kabanjahe yang Belum Dipergunakan Anggota DPRD Kabupaten Karo, Doddi Sinuhaji saat dimintai wartawan tanggapannya terkait gedung rehap isolasi RSUD Kabanjahe dan uang lelah tenaga medis, Senin (31/8/2020) siang. Foto: KS

Bumi Turang

Anggota DPRD Karo Ini Sorot Rehab Ruang Isolasi Covid- 19 di RSUD Kabanjahe yang Belum Dipergunakan

Senin, 31 Agustus 2020 - 15:58:03 WIB
Dibaca: 1439 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Ruang Isolasi Covid 19 milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabanjahe sejak direhab, hingga kini belum dipergunakan. Padahal, jumlah korban Covid di Karo terus bertambah.

Terkait ruang isolasi tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Karo, Dodi Sinuhaji saat dimintai wartawan tanggapannya pada Senin (29/8/2020) siang, mengaku kesal dan jengkel melihat sengkarut permasalahan yang ada di RSUD Kabanjahe sejak kepemimpinan Arjuna Wijaya. 

"Kesan cuek dan tak peduli untuk kepentingan orang banyak sepertinya sedang dipertontonkan di RSUD. Situasi dimana kepemimpinan Terkelin Brahmana selaku Bupati akan berakhir. Seakan menambah daftar panjang ketidak beresan situasi RSUD. Bupati kemungkinan tak lagi ikut berkompetisi, kondisi itu seakan terbaca jelas oleh Direktur dan keluarga besar RSUD. Wajar saja, berkurang kepatuhan manajemen RSUD kepada Bupati. Ada sinyalemen barisan keluarga besar RSUD Kabanjahe mulai merapat ke salah satu paslon (pasangan calon)," kata Dodi Sinuhaji.

"Tapi, seharusnya, meski masa kepemimpinan Bupati tinggal hitungan minggu, harus tetap bertindak cepat. Utamakan apa yang perlu diutamakan. Tentang tidak berfungsinya ruangan Covid itu ambil tindakan, jika memungkinkan ganti dan mutasikan Direktur RSUD dan para Kabidnya. Ganti dengan pejabat baru, agar ketokohan Bupati tetap dikenang, meski tidak lagi sebagai penguasa di Karo," ujar Anggota DPRD Kabupaten Karo ini.

Berdasarkan investigasi wartawan, ruangan isolasi yang berukuran 5 meter x 10 meter itu mulai direhab pada Juni tahun 2020 silam.

Seyogianya setelah selesai dikerjakan harus sudah dipergunakan. Terlebih, RSUD Kabanjahe merupakan Rumah Sakit Rujukan pasien Covid - 19 sesuai surat keputusan Menteri Kesehatan RI.

Ruangan yang terlihat sederhana itu hanya berisi beberapa barang inventaris kesehatan. Diantaranya isolasi oxigen yang belum berfungsi.

Ada dua tempat tidur. Tampak, kabel - kabel serta cok listrik yang masih belum rapi.

PPK Rehap Gedung Isolasi Covid 19 milik RSUD Kabanjahe, Agnes Tarigan, ketika dikonfirmasi wartawan melalui pesan elektronik WhatApps, sepekan kemarin, mengaku ruangan itu bukan tidak difungsikan. Namun, katanya belum ada patien monitor. 

"Sore juga Pak...ruangan itu sudah bisa digunakan tetapi dokter DPJP menyarankan harus ada patien monitor baru bisa digunakan ruangan itu. Dan patien monitor mungkin akhir Agustus 2020 baru nyampai  barangnya," kata Agnes menjawab konfirmasi wartawan.

Uang Lelah

Saat ditanya menyangkut tenaga medis yang hingga kini belum juga menerima haknya atas uang lelah dan konsumtif?

Dodi Sinuhaji mengaku prihatin atas kondisi dan kebijakan managemen RSUD Kabanjahe.

"Uang lelah, dan konsumtif para perawat hingga kini belum juga disalurkan. Prihatin kita mendengar itu, terkesan ada ketidak jujuran di RSUD," sebut Dodi Sinuhaji. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER