MENU TUTUP

Posisi Indonesia Hampir Pasti ke Asia U-16 Setelah Taklukkan Thailand

Kamis, 21 September 2017 | 03:49:56 WIB Dibaca : 1868 Kali
Posisi Indonesia Hampir Pasti ke Asia U-16 Setelah Taklukkan Thailand Timnas U-16.Foto:Humas PSSI/Republika.co
Loading...

Bangkok - Timnas Indonesia U-16 berhasil membuat tunduk Thailand. Laga kedua kesebelasan di pertandingan ketiga Grup G kualifikasi Piala Asia U-16 2018 di stadion Rajamangala, Rabu (20/9), berakhir dengan skor 1-0, dikutip dari Republika.co.

Skuat Garuda Asia, sudah unggul sejak babak pertama. Gol tunggal milik Amanar Abdillah ke gawang Gajah Muda pada menit ke-20 menjadi satu-satunya gol sepanjang 45 menit pertama pertandingan.

Mengawali awal babak kedua, para pemain asuhan pelatih Fakhri Husaini kerja keras menambah jumlah gol. Pemain bertahan Amiruddin Bagas Arrizqi, diminta ikut membantu serangan ke lini pertahanan tim bentukan pelatih Salvador, Valero Garcia.

Pada menit ke-46, sepakan pojok milik Indonesia, mengancam penjaga gawang Thailand. Tapi sayang, tendangan penjuru tersebut, tak menghasilkan apapun. Skor tetap 1-0 sampai pertandingan sudah memasuki menit ke-50.

Upaya Thailand menyamakan kedudukan, terjadi pada menit ke-56. Umpan baik dari Thannarin Thumsen dari areal kotak 16 ke depan gawang Indonesia, disambut Thanarat Thumsen. Tetapi, usaha Thumsen melepas sepakan ke arah gawang, berhasil diantisipasi Bagas Arrizqi.

Aksi serangan balik Indonesia pada menit ke-59, dilakukan oleh pemain gelandang Andre Oktaviansyah dari tengah lapangan sampai ke pertahanan kiri Thailand. Tiga pemain belakang tuan rumah, mengadang pemain berangka 8 tersebut. Tetapi, Andre berhasil memberikan bola kepada striker Sutan Zico yang berada di depan gawang.

Zico yang tanpa pengawalan, melepaskan sepakan keras ke arah gawang. Tetapi lagi-lagi Indonesia gagal menambah jumlah gol keunggulan. Skor tetap 1-0 sampai satu jam pertandingan.

Usaha Thailand menyamakan kedudukan pun kerap kandas. Sejumlah peluang milik tuan rumah sebetulnya beberapa kali mengancam gawang yang dijaga Ernando Sutaryadi. Tetapi, permainan disiplin para penggawa Garuda Asia kali ini, nyaris tak memberi celah bagi Thailand, membuat gol.

Peluang paling baik bagi Thailand membalas gol, terjadi pada menit ke-83. Yaitu ketika gelandang Thanakit Thongsiri melepas sepakan keras dari dekat kotak penalti ke arah gawang. Namun, bola gagal melesat ke jaring, lantaran membentur tiang gawang.

Pada menit ke-85, juga menjadi peluang emas bagi bagi Thailand. Aksi individu Nattakit Butsing, sempat membikin repot tiga pemain bertahan Indonesia di dekat gawang. Dia sempat melepas sepakan meninggi dan mengarahkan bola ke jaring. Tetapi, sepakannya membentur mistar gawang.

Indonesia, pun punya peluang menambah jumlah gol pada menit ke-88. Sepakan bebas dari Supriadi di kotak 16, keras mengantar bola ke arah gawang yang dijaga Natthawut Paengkrathok. Namun sepakannya, membentur mistar gawang dan mementalkan bola ke arah Sutan Zico. Sayang Zico, gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Sampai waktu pertandingan 90 menit, pertandingan belum dihentikan. Tambahan waktu empat menit diberikan oleh wasit. Akan tetapi, tambahan waktu itu tak juga menghasilkan gol. Sampai pluit panjang, skor 1-0 membawa Indonesia unggul atas Thailand kali ini.

Kemenangan Indonesia atas Thailand kali ini, semakin menguatkan posisi skuat Garuda Asia di puncak klasemen Grup G. Kini Indonesia punya nilai sembilan angka dari tiga pertandingan tanpa kekalahan.

Posisi tersebut memberikan peluang besar bagi Indonesia bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-15 di Cina tahun depan. Laga terakhir Indonesia di Grup G, akan berjumpa dengan Laos pada Jumat (22/9) nanti.(Republika.co)

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum