• Follow Us On : 
Kadis LKH Radius Tarigan : Kami Imbau Masyarakat Supaya Menggalakkan Terlihat Sampah berserakan di Jalan Perniagaan yang dibuang sembarangan

Kadis LKH Radius Tarigan : Kami Imbau Masyarakat Supaya Menggalakkan " Lisa " Lihat Sampah Ambil

Senin, 28 Agustus 2023 - 12:06:32 WIB
Dibaca: 708 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Budaya buang sampah sembarangan makin marak terjadi di Kabupaten Karo . Kesannya, warga tidak mempedulikan dan menjaga kebersihan lingkungan. Padahal, kebiasaan buruk ini hanya dilakukan oleh beberapa oknum tak bertanggungjawab.

Dibeberapa ruas jalan menuju Kota Berastagi dan Kota Kabanjahe , terpampang dengan jelas tumpukan sampah yang terbungkus dengan plastik dan sebagian sudah terburai. Perbuatan semacam ini, sangat meresahkan pengguna jalan dan warga setempat.

Amatan media pada hari Senin 28/8/2023 , aksi buang sampah sembarangan terjadi di ruas jalan elak kawasan Kelurahan Tambak Lau Mulgap II Kecamatan Berastagi sehari setelahnya, sudah muncul lagi sampah berserakan di ruas jalan Perniagaan .

Mendapat informasi tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Karo Radius Tarigan merespon dengan baik keluhan masyarakat yang sudah sangat meresahkan.

Pihak Dinas langsung menghubungi dan meminta bantuan dari petugas kebersihan untuk mengecek langsung kelokasi. Ternyata, kebenaran informasi akurat. Lalu, petugas bergegas membersihkan, mengangkut sampah yang berserakan di ruas jalan tersebut.

“Kemarin, kami sudah membersihkan sampah yang dibuang sembarangan tersebut, semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Harus saling menjaga demi kenyamanan bersama,” ujar Radius Tarigan .

Kadis LHK  juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena dapat meresahkan dan mencemarkan lingkungan.

“Kami mengimbau kepada warga agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, sediakan tong sampah depan rumah dan kami siap angkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Cukup bayar retribusi sampah aja sesuai aturan ,” sebut Radis .

Radius Tarigan menambahkan ," Dalam keterangannya tersebut , Radius Tarigan mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Karo agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, sebab pihaknya akan melakukan patroli gerakan bersih lingkungan.

“Untuk penindakan bagi pelaku pelaku pembuang sampah sembarangan, kita akan buat satgas gerakan bersih lingkungan yang akan berpatroli di seputaran kota Berastagi dan Kota Kabanjahe dan sekitarnya, jika nanti ada yang kita temukan masyarakat membuang sampah sembarangan, kita akan langsung tangkap," jelasnya.

Disisi lain , Radius Tarigan berharap sekaligus mengajak seluruh warga masyarakat untuk memiliki budaya “LISA atau Lihat Sampah Ambil”, kita mesti membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya dan bersama-sama membudayakan LISA ini dalam kehidupan sehari-hari.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER