• Follow Us On : 
AKBP Ronny Nicholas Sidabutar : Untuk Mengantisipasi Karhutla, Jangan Membakar Hutan

AKBP Ronny Nicholas Sidabutar : Untuk Mengantisipasi Karhutla, Jangan Membakar Hutan

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:34:42 WIB
Dibaca: 657 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Polres Tanah Karo menggelar apel kesiapsiagaan bencana alam khususnya Karhutla bersama TNI, BPBD , Satpol PP dan Instansi terkait, bertempat di halaman apel Mapolres Tanah Karo, Jumat 12/08/2022 pagi.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH ., menekankan kepada seluruh jajarannya untuk siap terjun ke lapangan, jika ada terjadi peristiwa bencana alam khususnya penyalahgunaan Karhutla. 

Selain itu, AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH , mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan dan para peserta apel yang hadir dipelaksanaan apel gelar pasukan ini.

Kemudian, menyampaikan amanat dari Gubernur Sumatera Utara dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan personil untuk penanggulangan bencana kebakaran maupun bencana lainnya. 

“Maksud apel kesiapsiagaan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI dan Polri, BPBD dan instansi lainnya. Untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana ," sebut Kapolres Tanah Karo.

Dijelaskannya, Kabupaten Karo merupakan wilayah pegunungan , hutan yang cukup rentan akan bencana tanah longsor dan kebakaran hutan dan lain sebagainya.

“Maka dari itu, amat sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana,” tutur Kapolres Tanah Karo.

Harapannya, lanjut AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH SIK MH ,seluruh stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana. Seperti pengintegrasian penanggulangan bencana disemua dini dari tingkat desa, kelurahan hingga ke Kabupaten.

“Meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pendidikan dan pelatihan gabungan penanggulangan bencana," tandas Kapolres Tanah Karo.

"Perlunya edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi," sebutnya.

AKBP Ronny menambahkan, meningkatkan sinergitas dan soliditas penyelenggaraan penanggulangan bencana. Yang meliputi antara lain, pengintegrasian setiap stakeholder dalam setiap pencegahan dan penanggulangan bencana.

"Penyelenggaraan penanggulangan bencana secara cepat, tepat dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan yang ada. Tingkatkan kapasitas sumberdaya manusia melalui pelatihan penanggulangan bencana. Meningkatkan kualitas data, informasi, dan pelaporan kejadian bencana melalui optimalisasi pemanfaatan peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)," ucapnya.

“Menetapkan regulasi dan melaksanakan pengurangan risiko bencana melalui peraturan daerah. Memberikan kemudahan bagi keterlibatan swasta dan masyarakat dalam mendukung penyelenggaraan penanggulangan bencana,” jelas Kapolres Tanah Karo

Rangkaian pelaksanaan apel gelar pasukan juga dilaksanakan pengecekan terhadap peralatan SAR terbatas guna antisipasi bencana alam yang dimiliki Polres Tanah Karo.

Kegiatan apel ini dipimpin langsung oleh Bupati Karo yang di wakili Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting. Yang di hadiri Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar, Dandim 0205/TK Letkol Inf Benny Angga , Satpol PP Kabupaten Karo, BPBD dan stakeholder lainnya serta anggota dari setiap instansi sebagai pasukan apel yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

Laporan : Sekilap



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER