• Follow Us On : 
Pupuk Palsu Menyerbu Kabupaten Karo, Kadis Pertanian: Langsung Kita Cek Kelapangan Pupuk Bersubsidi yang resmi dari Pemerintah

Pupuk Palsu Menyerbu Kabupaten Karo, Kadis Pertanian: Langsung Kita Cek Kelapangan

Kamis, 16 Desember 2021 - 15:45:13 WIB
Dibaca: 1852 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Pupuk palsu menyerbu, Petani harus hati-hati! Selalu waspada dan lihat label, serta jangan pernah tergiur harga pupuk yang murah.

Beberapa hari terakhir , ramai di feed group pertanian jual pupuk NPK dengan harga murah. Pupuk tersebut menyerupai seperti merek Phonska dan SP36. Namun ketika dibaca lebih teliti ternyata kemasan dan kandungan nya berbeda.

Hingga saat ini jenis pupuk palsu tersebut pun masih beredar meski tidak banyak berseliweran lagi iklannya. Mencoba berprasangka baik, kemungkinan penjual di media sosial juga tidak mengetahui pupuk palsu tersebut. Mereka mungkin sudah tergiur membeli dalam jumlah banyak tanpa tahu yang mereka jual pupuk palsu.

Yang perlu dicari dan diproses adalah produsen dari pupuk palsu tersebut. Jika tidak maka kan terus ada korban-korban baru pupuk palsu.

Sebenarnya pupuk palsu tersebut juga tidak 100% palsu. Jika melihat kemasan maka terbaca kandungan dalam pupuk adalah MgO dan CaO3. Dan di beberapa foto lain tertulis sebagai pupuk pembenah tanah.

Artinya jika lebih teliti, maka akan terlihat kandungan pupuk berbeda dengan merk yang diserupai. Dan kita pun juga tidak tahu juga apakah kandungan sesuai dengan yang terdapat di label. Yang pasti dengan bentuk menyerupai pupuk merk lain dengan tujuan mengelabui pembeli juga sudah merupakan tindakan tidak dibenarkan.

Unsur Dalam Kandungan Pupuk

Kandungan yang tercantum sebenarnya juga merupakan kandungan yang dibutuhkan oleh tanaman dan tanah. Akan tetapi unsur tersebut tidak harus diberikan pada tanaman. Unsur dalam kandungan pupuk tersebut diberikan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Di pasaran, pupuk yang sering dipakai petani dalam jumlah besar adalah pupuk makro. Sebagai contoh seperti Urea, NPK, TSP dan lain-lain. Pupuk tersebut memiliki kandungan unsur makro yang memang dibutuhkan secara banyak oleh tanaman.

Untuk menindaklanjuti terkait dugaan pupuk palsu yang beredar di tengah  - tengah masyarakat,  awak media langsung menanyakan kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karo Metehsa Purba pada hari Kamis 16/12/2021 .

Metehsa Purba mengatakan " terimakasih atas informasinya,  langsung saya perintahkan anggota untuk mengecek kebenaran tentang ada beredar pupuk palsu,  soalnya belum ada laporan kita terima dari produsen maupun distributor tentang adanya pupuk palsu tersebut.  Pokoknya hari ini saya langsung perintahkan anggota untuk mengecek pupuk dugaan palsu. 

Karena apapun ceritanya, yang namanya pupuk palsu , sudah pasti merugikan kita khususnya petani, jangan nanti kita rasa murah harganya , langsung kita beli , padahal hasilnya nanti tidak ada , jadi saya imbau kepada masyarakat khususnya petani agar lebih berhati hati dalam pembelian pupuk maupun pestisida di totok toko pupuk yang berada di daerah kita masing - masing," ucap Kadis Pertanian Kabupaten Karo Metehsa Purba .

Laporan : Sekilap 

 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER