• Follow Us On : 
Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Karo Normalisasi Drainase di Jalan Perniagaan Berastagi Tampak, petugas Dinas PUPR Kabupaten Karo sedang membersihkan drenase di Jalan Perniagaan Berastagi  guna mencegah terjadinya banjir, Senin (23/11/2020). Foto: KS

Bumi Turang

Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Karo Normalisasi Drainase di Jalan Perniagaan Berastagi

Senin, 23 November 2020 - 16:40:56 WIB
Dibaca: 233 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Memasuki musim penghujan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kabupaten Karo saat ini terus melakukan normalisasi anak sungai dan drainase guna mengantisipasi terjadinya banjir atau genangan air.

Tidak itu saja, juga akan mengganti selap beton yang kondisinya sudah rusak. Demikian dikatakan oleh Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Karo, kepada wartawan, Senin (23/11/2020) siang.

Dikatakan Edu, bahwa normalisasi drainase tersebut dilakukan dengan cara menggali parit (got) untuk mencegah pendangkalan akibat lumpur, sampah dan bebatuan kecil.
Menurutnya, normalisasi saluran air merupakan prioritas Dinas PUPR guna mencegah genangan air dan terjadinya banjir saat musim hujan tiba di sejumlah ruas jalan. 

Selain itu, dia menyebutkan, salah satu faktor terjadinya genangan air atau banjir itu disebabkan kurang berfungsinya saluran air. Karena tuturnya, masih banyak ditemukan saluran drainase yang tidak berfungsi dengan normal akibat tersumbat mengalami pendangkalan.

"Beberapa titik drainase yang kami temukan tidak berfungsi dengan baik karena tersumbat sampah. Ada juga yang dangkal. Untuk itu, kami akan terus melakukan normalisasi dengan membuang halangan - halangan di anak sungai  dan drainase, termasuk juga kami akan mengganti selap beton yang sudah rusak," kata Edu.

Edu mengakui normalisasi drainase tidak menjadi jaminan untuk menghindari terjadinya banjir. Namun, sebutnya, setidaknya dapat mempercepat  surutnya air yang menggenangi jalan.

Sebab, dibeberapa ruas jalan yang digenangi air juga dipengaruhi oleh dataran rendah.

"Seperti di Jalan Perniagaan , Jalan Pengasilan dan Jalan Pasar Berastagi  di beberapa titik itu memang sedikit rendah, sehingga apabila hujan akan terjadi banjir," terang Edu.

Untuk itu, kata dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR Propinsi Sumatra Utara.

"Karena ruas jalan di Kabupaten Karo ini tidak semua menjadi tanggung jawab Dinas PUPR Kabupaten Karo, tetapi ada juga tanggungjawab Dinas PUPR Provinsi dan nasional atau pusat. Kami akan saling berkoordinasi," pungkas Kadis PUPR Kabupaten Karo ini.

Ditempat terpisah, dua orang warga Kecamatan Berastagi yang bernama Carles Tarigan dan Joni Sembiring ketika dikonfirmasi wartawan terkait perbaikan selap beton dan normalisasi drenase yang berada di Jalan Perniagaan dan Jalan Pasar Berastagi, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo

"Kami sebagai warga setempat mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo khususnya kepada Dinas PUPR karena telah memperbaiki drenase di Jalan Perniagaan ini. Mudah - mudahan nanti setelah dilakukan normalisasi ini tidak terjadi lagi banjir. Hujan 1 jam saja, air hujan sudah pasti masuk ke dapur rumah kami ini. Jadi sekali lagi kami ucapkan banyak terimakasih," ucap kedua warga ini. (KS). 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER