• Follow Us On : 
Ratusan Kios di Pajak Tingkat Berastagi Ludes Terbakar, Kapolsek: Masih Dalam Penyelidikan Kondisi Pajak Tingkat Berastagi saat si 'jago merah' melahap sebagian kios pada Selasa (17/11/2020), sekitar Pukul 01:30 WIB. Foto: KS

Bumi Turang

Ratusan Kios di Pajak Tingkat Berastagi Ludes Terbakar, Kapolsek: Masih Dalam Penyelidikan

Selasa, 17 November 2020 - 14:03:15 WIB
Dibaca: 1788 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pajak Tingkat di kawasan Pusat Pasar, Kelurahan Tambak Lau Mulgap II, kota wisata Berastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara, pada Selasa (17/11/2020), sekitar Pukul 01:30 WIB ludes terbakar dilalap si jago merah.

Namun, dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa, akan tetapi kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Saat peristiwa kebakaran terjadi, mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) sempat kesulitan masuk ke akses lokasi titik awal api. Itu karena bagian kiri dan kanan jalan yang mengecil akibat banyaknya pedagang kaki lima yang sudah memenuhi badan jalan untuk berjualan.

Serta banyaknya barang dagangan yang berbahan mudah terbakar, karena baru belanja beberapa pedagang. Yang membuat kobaran api dengan cepat menghanguskan isi lapak dan kios pedagang di lantai satu (1) dan dua (2).

Mengetahui adanya api, penduduk sekitar lokasi kejadian, pemilik kios, pemilik lapak, dibantu warga Berastagi lainnya beserta petugas Damkar berupaya memadamkan api supaya tidak merembes ke arah pemukiman padat hunian. Atas kerjasama masyarakat dan petugas, api akhirnya dapat dipadamkan jelang Pukul 08.00 WIB.

Para pedagang yang mengetahui informasi kebakaran di Pajak Tingkat ataupun pasar tradisional yang sering juga dinamakan warga Berastagi dengan sebutan Los Pancur Batu dan Los Jahe-jahe itu, segera mendatangi lokasi. Banyak diantaranya yang histeris karena tidak mampu menyelamatkan barang dagangan.


Salah satu pedagang yang bernama R Br Sembiring terlihat menangis histeris dan sempat pingsan karena di dalam kiosnya tersebut ada sebagian barang berharganya berupa serfikat tanah dan ijazah anaknya .

Pantauan wartawan di lokasi kebakaran, hampir keseluruhan barang milik pedagang yang berada di lantai satu dan dua yang berupa dagangan pakaian bekas, minyak goreng, gas elpiji, barang pecah belah, sayur mayur dan lainnya, tidak dapat diselamatkan. Dan tujuh (7) unit rumah penduduk disekitar lokasi kejadian, juga ikut terbakar dibeberapa bagian.

Kepada wartawan, Kapolsekta Berastagi Kompol L Marpaung  mengatakan, peristiwa kebakaran Pajak Tingkat Berastagi saat ini masih dalam tahap penyelidikan.

"Terkait penyebab api, api berasal dari sudut pajak sana. Jadi untuk kerugian yang belum bisa kita pastikan , tapi kalau menurut saya kurang lebih 2 miliar sudah pasti ada. Jadi jumlah keseluruhan menurut data yang saya dapat, bahwa kebakaran ini telah menghanguskan 535 kios dan 7 rumah warga yang berada di belakang pajak tingkat ini," ungkap Kompol L Marpaung, Selasa (17/11/2020) di lokasi kebakaran.

Di tempat yang sama , Bupati Kabupaten Karo, Terkelin Brahmana SH MH yang didampingi Anggota DPRD Kabupaten Karo, Kodim 0205/TK dan Wakapolres Tanah Karo, mengatakan, "untuk sementara pedagang di Pajak Tingkat ini akan kita tempatkan di dekat lokasi kebakaran ini atau sebagian nanti di Pajak Gang Merek Berastagi," katanya.

"Jadi saya minta kepada pedagang agar tetap bersabar. Pokoknya kami bersama DPRD sesegara mungkin untuk membahas ini," sebut Terkelin. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER