• Follow Us On : 
Anggota DPR - RI Resmikan Posko Kuta Paguh Covid 19 di Desa Kutarayat Anggota DPR - RI Andika Mamana Sitepu saat resmikan Posko Paguh Covid 19 di Desa Kutarayat, Sabtu (10/10/2020). Foto: KS

Bumi Turang

Anggota DPR - RI Resmikan Posko Kuta Paguh Covid 19 di Desa Kutarayat

Ahad, 11 Oktober 2020 - 14:46:47 WIB
Dibaca: 253 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Anggota DPR-RI Bob Andika Mamana Sitepu meresmikan Posko Kuta Paguh Kutarayat, Kecamatan Namanteran, Kabupaten Karo, Sabtu (10/10/2020). Posko Kuta Paguh diharapkan dapat menjadi pusat pengendalian penyebaran virus Covid 19 di tingkat desa. 

Tampak, saat peresmian Posko Kuta Paguh tersebut ditandai dengan pengguntingan pita bersama oleh Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana, SH., MH., Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo, SH., SIK., dan perwakilan Dandim 0205/TK., serta membuka kunci pintu posko oleh Anggota DPR - RI Fraksi PDI Perjuangan Bob Andika Mamana Sitepu.

Atas peresmian posko tersebut,
dalam laporannya, Kepala Desa Kutarayat Satar Ginting, mengatakan, pembangunan Posko Kuta Paguh sepenuhnya menggunakan dana yang bersumber dari dana desa Kutarayat tahun anggaran 2020.

Dimana tahun ini sebut Satar pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 198.645.000 untuk kegiatan yang sifatnya dalam rangka pemutusan 'mata rantai' Covid 19.

"Selain pembangunan Posko Kuta Paguh, dana tadi juga kita alokasikan untuk penyemprotan disinfektan, pengadaan tandon air dan pengadaan masker kepada masyarakat dan juga kegiatan relawan Covid 19," ujar Satar.

Bersama dengan Polsek Simpang Empat, Desa Kutarayat yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.557 jiwa, diharapkan Satar, dengan dibangunnya Posko Kuta Paguh dapat mempermudah akses bagi pengendalian virus Covid 19.
Selain itu, dijadikan rumah bagi siapa saja yang ingin melakukan isolasi mandiri di Desa Kutarayat.



"Resminya desa yang berada pada radius 4,5 kilo meter dari kawah Gunung Api Sinabung ini memiliki Posko Kuta Paguh diapresiasi tinggi oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, SH., SIK." Terang Kepala Desa Kutarayat.

Dijelaskan Satar, langkah Desa Kutarayat mengikuti beberapa desa lain di Kabupaten Karo yang sudah mendirikan Posko Kuta Paguh adalah merupakan sikap bijaknya dan jajaranny di Pemeribrahan Desa Kutarayat dalam pengendalian penyebaran virus Covid 19. 

"Karena, setelah pertama kali dilounching oleh Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Desa Paguh yang ada di Karo diyakini telah mampu mengurangi dampak persebaran penyakit Covid 19. " Ungkap Satar.

Sebagaimana diketahui, Desa Paguh terang AKBP Yustinus  pertama kali diresmikan di Desa Kandibata, Kecamatan Kabanjahe. Setelahnya menyusul desa - desa lainnya. Dalam kegiatannya, Kuta Paguh atau dalam bahasa Indonesia disebut Desa Tangguh merupakan desa yang mengambil inisiatif mempelopori beragam kegiatan dalam pengendalian Covid 19. 

Untuk itu, Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana, mengatakan, "peresmian Posko Kita Paguh Desa Kutarayat harus dipandang sebagai upaya besar dari masyarakat Desa Kutarayat dalam menanggulangi penyebaran Covid 19," katanya seraya berharap apa yang dilakukan oleh Desa Kutarayat dapat diikuti oleh desa lain di Kecamatan Namanteran. 

Sedangkan, Anggota DPR-RI Bob Andika Mamana Sitepu yang didaulat meresmikan Posko Kuta Paguh memberi dukungan penuh bagi beragam aktifitas masyarakat Desa Kutarayat, termasuk pada hadirnya Posko Kuta Paguh. 

Karena Bob menilai sembari menunggu vaksin Covid 19 yang rencananya akan mulai hadir secara merata pada awal tahun 2021 mendatang.

Sehigga, jelasnya, Posko Kuta Paguh di Desa Kutarayat dapat menjadi sarana pelopor pendisplinan protokol kesehatan. Hal ini terangnya, menjadi penting agar masyarakat dapat terhindar dari penyakit Covid 19. 

"Kepada warga Desa Kutarayat tetap patuhi protokol kesehatan dalam pola 3M, mencuci tangan,menggunakan masker dan menjaga jarak. Mudah - mudahan kita dapat melalui masalah ini dengan baik," terang Bob. 

Saat peresmian posko tersebut, tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Irna Br Sembiring, Direktur RSU Kabanjahe dr Arjuna Tarigan, Plt. Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin angin, Camat Namanteran Dwikora Sitepu, Kapolsek Simpang Empat, AKP Ahmad Ridwan Harahap,dan seluruh kepala desa se - kecamatan Namanteran. (KS). 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER