• Follow Us On : 
Diberi 'Manuk Na Maratur', Warga Pertibi Lama Menabalkan Kapolres Karo Jadi Marga Munthe Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo, SH., SIK., saat menerima masakan khas tradisional Desa Pertibi Lama, pada pekan lalu. Foto: KS

Bumi Turang

Diberi 'Manuk Na Maratur', Warga Pertibi Lama Menabalkan Kapolres Karo Jadi Marga Munthe

Jumat, 21 Agustus 2020 - 08:35:10 WIB
Dibaca: 2812 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo Indriono, SH., SIK., mendapat penghargaan dari warga Desa Pertibi Lama, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara.

"Simantek Kuta" atau pendiri kampung di Desa Pertibi Lama adalah keturunan Raja Marga Munthe menabalkan Kapolres menjadi marga Munthe.

Terkait penabalan itu kepada wartawan melalui siaran persnya, Kamis (20/8/2020), Kapolres Karo, AKBP Yustinus Setyo Indriono, Kamis mengatakan, bahwa penabalan itu dilakukan pada pekan lalu di lokasi Kelompok Tani Hutan Desa Pertibi Lama.

"Saat itu, kita sumbang sebanyak 2000 bibit pohon penghasil buah kepada warga seperti durian, alpukat, aren dan lamtoro," katanya.

Penabalan marga Munthe itu dilakukan melalui serangkaian acara pemberian "ulos sitorop rambu" (kain khas tradisional) dan juga pemberian masakan khas Simalungun "Manuk na Maratur" di Desa Pertibi Lama.

Pemberian itu dilakukan kepada Kapolres Tanah Karo selayaknya seorang raja atau yang dihormati dalam kasta masyarakat setempat.

"Karena banyak membantu, memberikan pemikiran dan talenta untuk memotivasi dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga Desa Pertibi Lama ataupun arahan arahan dan bimbingan yang baik," sebut tokoh adat Desa Pertibi Lama, Kaberma Munte dan Nempel Munthe kepada wartawan di sela - sela acara penambalan tersebut.

Pohon yang disumbankan oleh Kapolres Tanah Karo kepada warga Desa Pertibi Lama berharap, setelah ditanam, dirawat sehingga berbuah kelak. Selain itu, sebagai upaya penghijauan, juga akan memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat. Karena pohon tersebut menghasilkan buah yang dapat diperjualkan untuk meningkatkan taraf hidup warga.

"Ya saat itu tokoh adat desa itu memberikan marga Munthe dan mengangkat saya jadi bagian dari mereka, dikasih masakan khas," ungkap AKBP Yustinus Setyo Indriono,
yang merupakan alumi AKPOL tahun 2000 silam.

Penabalan marga Munthe terhadap Kapolres Tanah Karo dan pemberian makanan khas itu dihadiri oleh PJU Polres Tanah Karo seperti Kabagops Kompol Diarma Munthe, Kabagren Kompol Efianto, Kapolsek Tigapanah AKP Ramli Simanjorang serta dihadiri Camat Merek Juspri Nadeak, Kepala Desa Pertibi Lama, Nelson Munte serta tokoh tokoh dan warga setempat. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER