• Follow Us On : 
Seperti di Tarutung, IMKA Ersinalsal FEB USU Tinjau Air Soda di Munthe Profesor DR Paham Ginting, MS., berfoto bersama IMKA Ersinalsal FEB USU dan para pengurus Karang Taruna Desa Munthe di lokasi Mata Air Soda, Minggu (31/3/2019). Foto:KS

Dunia Kampus

Seperti di Tarutung, IMKA Ersinalsal FEB USU Tinjau Air Soda di Munthe

Ahad, 31 Maret 2019 - 19:55:51 WIB
Dibaca: 2469 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Ikatan Mahasiswa Karo (IMKA) Ersinalsal Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sumatera Utara (USU) menggelar kegiatan bakti sosial di areal Mata Air Soda (Lau Macem) di Desa Buluh Naman, Kecamatan Munhte, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Minggu (31/3/2019) sekitar Pukul 10:00 WIB.

Menurut Ketua IMKA Ersinalsal FEB USU, Ratijul Sembiring didampingi Kamelia Beru Surbakti, Oktavandi Tarigan, Agung Luhulima Barus bersama anggota IMKA Ersinalsal lainnya mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memperkenalkan objek wisata Air Soda yang ada di Tanah Karo.

Selain itu lanjutnya, kegiatan tersebut sebagai bukti nyata kepedulian mahasiswa Karo selaku putra-putri daerah terhadap peningkatan sumber daya daerah, dengan budaya kerjasama bersama masyarakat sekitar.

"Bakti Sosial 2019 ini adalah salah satu program kerja IMKA Ersinalsal FEB USU untuk mengekspose tempat-tempat wisata yang ada di daerah. Bagaimana kita berdampak sehingga peningkatan sumber daya daerah dapat meningkat," jelas Ratijul yang diaminkan anggota lainnya kepada www.petunjuk7.com.

Sedangkan, Pembina IMKA Ersinalsal FEB USU, Profesor Dr Paham Ginting, MS., mengapresiasi apa yang dilakukan mahasiswanya untuk mengisi waktu libur dengan kegiatan positif untuk membantu daerah memperkenalkan objek wisata yang ada di daerah.

"Yang paling penting adalah semangat mengabdinya patut didukung," kata Paham Ginting.

Menurut Guru Besar USU yang juga Ketua DPD Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Kabupaten Karo ini, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui manfaat dari Air Soda tersebut.

Karena terangnya,  pemandian Air Soda ini merupakan objek yang langka dan sebelumnya diketahui hanya ada dua di dunia yaitu di Tarutung, Tapanuli Utara dan di Venuezela, Amerika Selatan.


"Untuk itu diharapkan, Pemerintah Kabupaten Karo dapat memberikan perhatian dan mengembangkannya sebagai salah satu andalan wisata di Tanah Karo. Karena pemandian air soda di Kecamatan Munte ini, nantinya dapat menjadi objek wisata pemandian air soda ke tiga yang ada di dunia," papar Paham Ginting.

Kebersihan

Dalam pelaksanaan bakti tersebut, para mahasiswa dan Karang Taruna Munthe memberikan sekitar areal kolam air soda, membuat pagar bambu dan memasang plang dari plat besi yang bertuliskan: Selamat Datang di Lau Macem (Air Soda) Desa Buluh Naman - Munthe.

Selain itu, mereka juga turut membersihkan halaman kantor Kepala Desa Munte serta menanam bunga di Taman Karang Taruna. 

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari Jumat tangga 29 Maret sampai 31 Maret 2019. Dan selama berada di Desa Munte mereka menginap di Balai Desa Munthe.

Kepala Desa Munte Sudirman Ginting melalui stafnya Bronsepta Ginting mengucapkan terima kasih atas apa yang dilakukan oleh mahasiswa dari IMKA Ersinalsal FEB USU yang sudah perduli untuk mempromosikan objek wisata yang ada di desanya. 

"Sangat bagus dan satu ide kreatif. Mahasiswa yang peduli terhadap desa. Mereka juga melibatkan Karang Taruna sehingga bisa tukar pikiran bagaimana memajukan desa kami," kata Bronsepta Ginting kepada www.petunjuk7.com. (KS).



 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER