• Follow Us On : 
IPMKBP Gelar Pelatihan PMO OSIS SMA se-Bangko Pusako, Alben: Untuk  Pemuda Masa Depan Foto:SY

IPMKBP Gelar Pelatihan PMO OSIS SMA se-Bangko Pusako, Alben: Untuk Pemuda Masa Depan

Jumat, 20 Juli 2018 - 21:49:14 WIB
Dibaca: 1397 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Ikatan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Bangko Pusako (IPMKBP) Pekanbaru, menggelar Pelatihan Menajemen Organisasi (PMO) Organisasi Siswa (OSIS) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Sederajat, baik sekolah swasta maupun negeri yang bertemakan: Pendewasaan diri yang berprestasi melalui organisasi.

Kegiatan diadakan di SMA Negeri 1 Bangko Pusako, Kepenghuluan Pematang Ibul, Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kamis (19/07).

Tampak, di hadiri oleh OSIS SMA Negeri 1 Bangko Pusako selaku tuan rumah, SMA Negeri 3 Bangko Pusako, SMA Negeri 4 Bangko Pusako, SMA Negeri 5 Bangko Pusako, SMK Nusantara dan SMK Bangko Pusako.

Menurut Ketua Pelaksana, Wahyu Akmal Rinal menyampaikan, tujuan dari PMO OSIS ini adalah untuk menjalin silaturahmi sesama pengurus OSIS dan juga untuk menambah pengalaman dan berbagi wawasan kepada para pengurus OSIS.

Sedangkan, Kepala Bidang (Kabid) Kaderisasi IPMKBP Memo Saputra menyampaikan kata sambutan yang mewakili Ketua Umum (Ketum) IPMKBP Pekanbaru, berhalangan hadir karena mengikuti masa Kuliah Kerja Nyata (KKN).

“Saya mewakili Ketum IPMKBP menginginkan kegiatan ini tetap berlanjut dan tidak terputus sehingga tetap menjalin silaturrahim dan membantu adik-adik pengurus OSIS dalam berorganisasi, memalui kegiatan ini, semoga tercipta kedewasaan diri yang berprestasi dikalangan pengurus OSIS SMA/dederajat se-Kecamatan Bangko Pusako.” Ujar Memo.

Kemudian, kata kepala sekolah SMA Negeri 1 Bangko Pusako Firdaus, S.PD., sekaligus memmbuka kegiatan PMO OSIS SMA/SMK/sederajat se-Bangko Pusako.

“Kami selaku pihak sekolah merasa tersanjung karena IMPKBP Pekanbaru memilih sekolah kami sebagai tuan rumah dalam PMO OSIS tahun ini dan selamat datang kepada SMA/SMK Se-Bangko Pusako yang telah hadir dalam kegiatan hari ini.” Ujarnya.

Untuk diketahui Alben, SH. hadir dalam acara tersebut dalam kapasitasnya sebagai senior dan mantan Pengurus IPMKBP Pekanbaru pada tahun 2011-2013.

Dalam penyampaiannya Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jalesveva tersebut menyampaikan, kepemimpinan adalah aktivitas mempengaruhi anggota dan suatu organisasi guna menetapkan dan mencapai tujuan suatu organisasi.

"Untuk merealisasikan tujuan tersebut seorang pemimpin idealnya harus memiliki kecerdasan intelektualitas, emosional dan spritual. Sementara itu tolak ukur keberhasilan suatu kepemimpinan itu bisa dilihat dari prilaku, sikap, pengaruh dan hasil” ucap Alben.

Advokat Muda Rokan Hilir tersebut menambahkan, pemuda harus berani berbeda dengan generasi yang telah sudah.

"Pemuda hari ini harus fokus menempa dan menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang tangguh dimasa yang akan datang. Dengan demikian maka pemimpin dimasa yang akan datang, menjadi pemimpin bersih, jujur, amanah dan punya integritas ” tegas Alben dihadapan peserta acara tersebut. 

Materi

Setelah acara pembukaan, sesi selanjutnya memasuki ke acara inti dengan pemateri pertama dibawakan oleh Alben Tajudin, S.H, yang juga merupakan Demisioner IPMKBP Pekanbaru.

Dalam materinya, Alben menjelaskan, tentang kepemimpinan. Kemudian, menanyakan arti dari pemimpin kepada peserta. Lantas dijawab seorang peserta.

“Pemimpin merupakan orang yang mengatur dan memerintah dalam sebuah organisasi," jawab Nuri Astisa Harahap, salah seorang peserta PMO OSIS.

Selain itu, Alben menjelaskan bahwa pemimpin bukan hanya sekedar tentang memerintah saja.

"Pemimpin harus menjadi orang yang bisa merangkul dan memberi contoh kepada anggota dan terhadap apa yang ia pimpin untuk mencapai tujuan bersama," terangnya.

Selanjutnya, materi pertama diakhiri dengan penyerahan plakat kenang-kenangan yang diserahkan oleh Ketum IPMKBP Pekanbaru Alfarisil Munir yang menyempatkan diri hadir disela-sela masa KKN-nya dan kemudian foto bersama dengan para peserta PMO OSIS dan panitia acara.

Usai itu, menunaikan ibadah sholat zuhur, setelah selesai sholat zuhur dan makan bersama kemudian acara dilanjutkan pada pemateri kedua yang disampaikan oleh Almizan, S.H, yang juga merupakan salah satu Demisioner IPMKBP Pekanbaru.

Almizan menyampaikan materi tentang struktur dan keorganisasian OSIS.

”Dalam organisasi memiliki tugas pokok dan fungsi, dan masing-masing anggota harus menjalankan tugas dan fungsinya," terang Almizan.

Almizan juga menyampaikan dalam melakukan tugasnya seseorang perlu memahami tugas dan fungsinya dalam jabatan tersebut.

Selain itu, dalam melakukan tugas dan tanggungjawab dalam organisasi perlunya ada kerjasama dengan bidang-bidang lain dalam organisasi.

Pemateri kedua ini juga ditutup dengan penyerahan plakat kenang-kenangan yang diserahkan oleh Jerry Navayandi sebagai Sekretaris Umum IPMKBP Pekanbaru.

Kemudian, acara ditutup dengan penyerahan sertifikat peserta terbaik, dan tiga orang diantara peserta berhasil mendapat predikat peserta terbaik, diantaranya adalah Nuri Astita Harahap, R.A Desti Lintya, Suwandi Francis Nainggolan. (SY).




 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER