MENU TUTUP

Layanan Whatsapp, Facebook, dan Instagram Mulai Pulih, Tapi...

Ahad, 14 April 2019 | 21:33:18 WIB Dibaca : 762 Kali
Layanan Whatsapp, Facebook, dan Instagram Mulai Pulih, Tapi... Foto:kompas.com
Loading...

Layanan Whatsapp, Facebook, dan Instagram Sudah Pulih, Tapi...



Petunjuk7.com - Saat ini, layanan WhatsApp, Instagram maupunFacebook, sudah mulai pulih. User sudah dapat saling berkirim pesan maupun foto di WhatsApp seperti sedia kala.

Akan tetapi sampai sekarang, belum ada penjelasan apapun dari Facebook mengenai tumbangnya ketiga layanannya. Padahal biasanya mereka memberi informasi walaupun tidak menjelaskannya secara detail. 

Tumbangnya WhatsApp khususnya, berlangsung dalam jangka waktu cukup lama sehingga menimbulkan tanda tanya. Pengguna pun sejauh ini hanya dapat berspekulasi mengenai penyebabnya.

"Alasannya adalah perubahan di konfigurasi server. WhatsApp dan Instagram sama-sama dimiliki Facebook soalnya," demikian spekulasi seorang netizen di Twitter di kutip dari www.Detik.com.

"Kenapa ketiganya tampak begitu mudah down sebulan belakangan? Ada yang tahu?" tanya seorang user Twitter.

Pada sekitar 14 Maret lalu, error juga melanda Facebook, Instagram dan WhatsApp secara bersamaan. Artinya, baru dalam rentang waktu sebulan gangguan semacam itu kembali muncul.

Berbeda dari saat ini, dalam gangguan sebelumnya Facebook memberikan sekelumit alasannya.

"Kemarin kami membuat perubahan konfigurasi server yang memicu serangkaian isu. Sebagai hasilnya banyak orang yang kesulitan mengakses aplikasi dan layanan kami," sebut Facebook.

"Kami telah menyelesaikan isu tersebut dan sistem kami telah pulih selama beberapa jam terakhir. Kami sangat menyesal atas ketidaknyamanan ini dan kami menghargai kesabaran semua orang," tambah pernyataan itu.

Diberitakan sebelumnya yang dikutip dari laman www.Kompas.com, tiga layanan yang dimiliki Facebook Inc., yakni Whatsapp, Instagram dan media sosial Facebook dilaporkan tidak dapat diakses di sejumlah wilayah, termasuk di Indonesia.

Ketiga layanan ini dilaporkan down sejak Minggu (14/4/2019) sekitar Pukul 18:00 WIB sore tadi. Gangguan ini terjadi di sejumlah wilayah termasuk Indonesia.

Para pengguna, yang menggunakan perangkat Android dan iOS, melaporkan kesulitan mengakses halaman utama Facebook, bahkan tak sedikit pengguna yang tidak bisa sama sekali masuk pada halaman ini. 

Untuk Instagram, pengguna mengeluhkan sulitnya mengunggah konten bahkan fitur-fitur utama seperti Instagram Stories, Direct Message, dan aliran feed tidak dapat digunakan. 

Sementara untuk layanan WhatsApp, juga mengalami kesulitan dalam mengirim maupun menerima pesan. Panggilan suara dan video pun tidak bisa dilakukan.

Hingga berita ini ditayangkan, gangguan masih terjadi dan Facebook belum memberi keterangan resmi terkait hal ini. 

Sumber:Detik.com/Kompas.com
Editor:Hap

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pasca Kehilangan Herlan, Ketua Walantara Daris Kaban Desak Pemkab Karo Pasang CCTV di Dekat Jemb

2

PPM Sumut Terjun Langsung Melakukan Pencarian Herlan Gurning Ke Lau Biang

3

Program 100 Hari Kinerja Bupati Karo Dan Wakil Bupati Terancam Gagal 

4

Hendra Mitcon Purba : Libatkan Karang Taruna Di Setiap Pembangunan

5

Untuk Antisipasi Hal Yang Tidak Diinginkan, Rutan Kabanjahe Gelar Razia Rutin