MENU TUTUP

Dampak Kasus Jamal Khashoggi, Laga Juventus vs AC Milan di Arab Saudi Terancam Batal

Sabtu, 27 Oktober 2018 | 07:25:29 WIB Dibaca : 1369 Kali
Dampak Kasus Jamal Khashoggi, Laga Juventus vs AC Milan di Arab Saudi Terancam Batal Foto:ndtv.com
Loading...

Petunjuk7.com - Ajang Supercoppa yang mempertemukan dua klub raksasa Italia, Juventus dan AC Milan, terancam batal dihelat di Arab Saudi. Hal tersebut dikarenakan desakan publik menyusul kematian salah satu jurnalis ternama, Jamal Khashoggi.

Pada bulan Juni lalu, pihak penyelenggara Serie A menyepakati kerja sama dengan Arab Saudi untuk menggelar Supercoppa.

Kabarnya, kontrak yang disepakati kedua belah pihak bernilai tujuh juta euro dan berdurasi sekitar tiga sampai lima tahun ke depan.

Partai Supercoppa pertama akan diselenggarakan pada bulan Januari mendatang. Laga yang direncanakan berlangsung di King Fahd International Stadium tersebut akan mempertemukan Juventus selaku juara Serie A dan AC Milan, sang runner-up Coppa Italia.

Desakan Pembatalan

Namun pertandingan itu mendapatkan pertentangan dari Allan Hogarth, seorang kepala bidang amnesti Internasional Inggris. Ia menganggap laga tersebut akan menjadi ajang 'cuci tangan' Arab Saudi terkait kasus kematian Jamal Khashoggi.

"Jelas bahwa negara seperti Arab Saudi sadar akan potensi olahraga untuk melakukan kebijakan menata ulang citra negara dengan halus," ujar Hogarth dikutip dari Football Italia.

"Bahkan sejak sebelum pembunuhan mengerikan Jamal Khashoggi, Arab Saudi punya catatan buruk terhadap hak asasi manusia. Tim besar seperti Juventus dan Milan harus paham dalam acara olahraga di negara itu bisa menjadi bentuk dari Sportwashing," lanjutnya.

"Kami meminta klub Italia ini berpikir dua kali soal sinyal yang dikirimkan untuk penggemar sepak bola di seluruh dunia, dan aktivis berani yang membela hak asasi di Arab Saudi," tandasnya.

Kasus Jamal Khashoggi

Kasus kematian Jamal Khashoggi sedang menjadi topik hangat di tengah-tengah publik belakangan ini. Dalam beberapa laporan, disebutkan bahwa pemerintah Arab Saudi terlibat dalam rencana pembunuhan jurnalis veteran tersebut.

Kolumnis asal Washington Post itu dikenal sering menyatakan kritikan keras terhadap pemerintah Arab Saudi. Tak hanya lewat media, ia juga kerap melancarkan serangan melalui sosial media Twitter.

Imbas dari kematiannya tidak hanya menyentuh sepak bola saja. Dua petenis dunia, Rafael Nadal dan Novak Djokovic, juga sedang dalam tekanan karena berencana melakukan pertandingan ekshibisi di Arab Saudi bulan depan.

Sumber:Bola.net 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Peringatan Nuzulul Qur'an di Masjid Baiturrahiim Gongsol Kecamatan Merdeka di Hadiri Anak Penghapal Qur'an 30 Juz

2

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

3

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

4

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

5

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat