MENU TUTUP

Diskominfo Pekanbaru Gelar Bimtek Bank Data

Rabu, 17 Oktober 2018 | 22:05:41 WIB Dibaca : 1544 Kali
Diskominfo Pekanbaru Gelar Bimtek Bank Data Foto:pekanbaru.go.id
Loading...

Petunjuk7.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Komunikasi Infomatika Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang sosialisasi Bank Data di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dilaksanakan di ruang command center Diskominfo Pekanbaru, Rabu (17/10).

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Diskominfo Pekanbaru Firmansyah Eka Putra ST. MT, dan dihadiri seluruh admin dari perwakilan stakeholder dan OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan mensinkronisasikan kegunaan bank data yang akan diterapkan pada seluruh stakeholder dan OPD di lingkungan Pemko. Ini adalah inovasi kita sebagai upaya menuju pemerintahan yang baik (good governance) melalui konsep percepatan Smart City," ujar Kadis.

Dengan adanya bank data ini, Kadis mengharapkan data yang disampaikan dan diinput oleh operator data/ admin yang ada disetiap OPD adalah data yang akurat, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan.

Terpenting, data juga harus mempunyai standar dan credible, sehingga dalam pengambilan sebuah keputusan maupun kebijakan tidak keliru.

"Bank data ini nantinya akan meliputi 10 aspek. Misalnya data kepegawaian, penyelenggaraan administrasi yang biasanya dilakukan secara konvensional, kini sudah memasuki babak baru yang disebut E-Government. Administrasi kepegawaian dan hal-hal yang menyangkut kedinasan, serta kegiatan apa saja yang dilakukan OPD, sekarang sudah dapat dilaksanakan secara modern dan terintergrasi dengan seluruh satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru," jelas Eka.

Adapun manfaat penggunakan aplikasi bank data yang rencananya akan dilaunching Wali Kota dalam waktu dekat ini antara lain untuk meningkatkan koordinasi antar instansi, meningkatkan efisiensi waktu dan efektifas administrasi, serta untuk mengetahui seberapa besar antisipasi dan perencanaan yang akan dibuat dalam sebuah kebijakan.

"Maka untuk itu, bimtek yang dilaksanakan dua hari ini kami harapkan kepada peserta ikutilah bimtek ini dengan baik, gali sebanyak mungkin pemahaman tentang bank data, sosialisasikan ke OPD, karena admin disetiap OPD ini nantinya akan menjembatani urusan tentang bank data dengan Kominfo yang akan  dikumpulkan untuk menjadi big data," imbaunya. (R.Hermansyah/Kominfo).

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih