MENU TUTUP

Batal Berangkat, Uang tak Kembali: 11 Jamaah Umrah di Medan Lapor Bos Travel Nafisah ke Polisi

Rabu, 04 April 2018 | 15:35:20 WIB Dibaca : 1860 Kali
Batal Berangkat, Uang tak Kembali: 11 Jamaah Umrah di Medan Lapor Bos Travel Nafisah ke Polisi Foto:Polri.go.id
Loading...

Petunjuk7.com - Aksi penipuan travel umrah mirip kasus First Travel di Jakarta, kembali terjadi di Medan, Sumatera Utara. Belasan jamaah yang merasa tertipu karena tak kunjung diberangkatkan umrah, melaporkan bos travel PT Nafisah Rihlatul Iman, Tours-Umroh-Haji Plus, Budi Sofyan Nasution, ke Polrestabes Medan, akhir Maret baru lalu. Satu orang menyetor hingga Rp40 juta. Berarti total kerugian sekitar Rp440 juta.

“Kalau rombongan saya ada sekitar 11 orang. Tapi sepengetahuan saya, ada banyak jamaah yang sudah menabung dan tidak juga diberangkatkan. Tidak tertutup kemungkinan muncul korban lain yang akan membuat laporan,” kata korban Nurbetty, kepada wartawan, Selasa (3/4/2018). Laporannya dicatat dalam LP/ 588/ III/ 2018/ SPKT/RESTABES MEDAN.

Wanita yang menetap di Jalan Impres, Dusun II, Kelurahan Tanjung Gusta, Kecamatan Sunggal, Medan tersebut mengatakan, awal kasus dimulai pada Juli tahun 2017.

Saat itu, dirinya ikut menabung di travel PT Nafisah Rihlatul Iman, untuk berangkat umrah ke Makkah. Mereka dijanjikan akan diberangkatkan akhir bulan November 2017. Total tabungan per orang rata-rata Rp40 juta.

“Tapi November berlalu, dan janji mereka tak ditepati,” paparnya.

Memasuki bulan Desember, wanita berhijab ini mendatangi kediaman bos travel yang berada di depan kantor PT Nafisah Rihlatul Iman, Jalan Meterologi IV, Kecamatan Sunggal. Kepada Budi, ia mempertanyakan kapan akan diberangkatkan Umroh.

“Saat itu, pihak travel berjanji akan mengembalikan uang kami, karena tidak jadi diberangkatkan. Perjanjian dibuat di atas meterai,” papar dia.

Namun janji tinggal janji. Hingga kini pemilik bos travel tidak juga mengembalikan uang para jamaah.

“Kalau tidak salah ingat, dalam surat itu ada 11 jamaah yang uangnya dijanjikan akan dikembalikan,” terang dia.

Karena mereka melihat pemilik travel tak juga memiliki itikad baik untuk mengembalikan uang jemaah, mereka memutuskan membuat laporan ke Polrestabes, berharap agar permasalahan ini dapat tuntas.

“Bukti-bukti perjanjian dan lainnya sudah saya serahkan ke pihak kepolisian. Saya berharap, permasalahan ini terselesaikan dan bos travel dapat mengembalikan uang para jamaah,” tegasnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polrestabes Medan, AKBP Putu Yudha yang dikonfirmasi mengaku belum menerima laporan Nurbetty. “Belum ada saya menerima laporan itu,” ujar Putu Yudha.

Ketika didesak bahwa Nurbetty melapor pada 28 Maret lalu, Putu berkilah sedang berada di luar kota.

“Coba nanti saya cek, ya. Saya lagi di luar kota, nggak di Medan,” ujarnya, Selasa (3/4) malam melalui sambungan seluler.

Dia menyebut, sekembalinya dari luar kota akan melihat dan mempelajari laporan itu. “Untuk saat ini saya belum bisa komentar banyak karena belum lihat laporannya. Nantilah, ya, kalau saya sudah di Medan,” tegasnya.

Sebelumnya, kasus serupa juga terjadi di Medan pada 2015 silam. Nilai kerugiannya berkisar Rp7,7 miliar. Tersangkanya, Nabila Khadijah Khairun, pemilik PT Nabila Putra Mandiri (NPM), di Villa Gading Mas II Blok AA Nomor 12. Sejak dilaporkan ke polisi, warga Jalan Karya Dharma, Gang Pribadi, Medan Johor ini tak diketahui keberadaannya.

Modus Nabila melakukan penipuan dengan mendatangi sejumlah perusahaan travel umroh, menawarkan tiket murah. Harga yang ditawarkannya di bawah harga normal.

Untuk meyakinkan korbannya, Nabila rela menggunakan uangnya terlebih dulu untuk menutupi selisih harga tiket yang ditawarkannya.

Setelah targetnya percaya, dia menawarkan lagi dengan jumlah yang lebih banyak. Dengan iming-iming ada batasan waktu harga promo, sehingga targetnya mau tidak mau percaya dan membeli apa yang ditawarkannya.

Dengan cara itu, akhirnya Nabila berhasil meraup miliaran rupiah dari beberapa perusahaan travel umroh yang ada di Kota Medan dan sekitarnya. Di Polda Sumut, kasus ini ditangani Dit Reskrimum.

Di Jakarta, kasus penipuan ribuan jemaah umrah meledak dalam kasus kasus penipuan First Travel, yang pemiliknya Anniesa Hasibuan dan suaminya Andika Surachman. Korbannya mencapai 63.310 orang dengan total kerugian Rp 905,33 miliar.

Kasus terkini yang juga meledak adalah kasus penipuan jemaah umroh oleh Abu Tours, yang dimiliki Hamzah Mamba alias Abu Hamzah (36), dengan jumlah korban mencapai 86.720 orang dari 15 provinsi. Kerugian mencapai Rp1,8 triliun. 

Sumber:Sumutpos.co


Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih