• Follow Us On : 
Menikmati Keindahan Alam Akses Jalan Karo - Langkat Tepatnya di Puncak Pamah Semelir Pamah Semelir atau rumah wisata puncak pemandangan, berada di Dusun Perteguhen. Para pengunjung akan melihat keindahan alam, Sabtu (16/2/2019). Foto: KS

Menikmati Keindahan Alam Akses Jalan Karo - Langkat Tepatnya di Puncak Pamah Semelir

Ahad, 17 Februari 2019 - 06:01:35 WIB
Dibaca: 3098 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Jika melewati akses jalan menembus Kabupaten Karo.- Langkat, Propinsi Sumatra Utara, saat berada di Desa Telagah, Kecamatan Sungai Binge, Kabupaten Langkat, para pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah.

Pasalnya, Desa Telagah memiliki lokasi pemandangan yang disebut: Pamah Semelir atau rumah wisata puncak pemandangan, berada di Dusun Perteguhen.

Para pengunjung akan memandang luas dari atas puncak, melihat Kota Binjai dan Kota Medan.

Hawa yang sejuk dan alam yang indah akan membuat para pengunjung betah berlama - lama disana.

Untuk itu, memiliki kawasan wisata menjadi tantangan bagi Pemerintah Desa.

Apalagi, sejak dibukanya akses jalan Karo - Langkat, Desa Langkah kian dikenal masyarakat luas. Sebab, saat melintas di Desa Telagah, semakin dikenal masyarakat luas oleh karena Pamah Semelir.

"Jadi Desa Telagah salah satu Desa yang berbenah di bidang pariwisata
Setelah jalan tembus Langkat - Tanah Karo melalui jalur Desa Telagan ke Desa Kutarayat," sebut Kepala Desa Telagah, Suranta Sitepu,
didampingi Sekertaris Pemerintah Desa Telagah, Imran Tarigan, Ketua BPD Desa Telaga, Abadi Surbakti,
kepada www.petunjuk7.com, Sabtu (16/2/2019).

Suranta mengaku akan berupaya memajukan objek wisata yang ada didesanya. Kemudian, dan akan memperkenalkan adat budaya Karo melalui sanggar seni.

"Saya ingin kebudayaan orang karo takkan pudar. Supaya kuat kebudayaan dan tradisi. Saya mengadakan alat - alat teradisi yang saya angarkan dari dana desa," kata Suranta yang sudah menjabat Kepala Desa selama lima tahun ini.

Meski berupaya memajukan sektor pariwisata, suka duka menjadi Kepala Desa, dia tuangkan.

"Sebagian duka di bidang pola pikir masyarakat yang dimana untuk merubah pola pikir yang agak susah," aku Suranta.

Meskipun memiliki suka duka, akan tetapi yang paling berkesan bagi Kepala Desa Telaga ini saat membantu para pengungsi erupsi gunung Sinabung kala itu.

"Inisebagai kesan tersendiri. Menjadikan persahabatan terhadap teman sesama warga yang pada saat itu mengalami trauma erupsi gunung apis Sinabung," jelas Suranta yang memiliki 16 Dusun yaitu; Dusun Telagah A, B, C, D, Pamah, Pamah Semelir, Perteguhen, Lautembo, Ujung Langkat, Suka Ribu, Laubuluh, Pelajaren, Bangu, Dagang, Lauratah, dan Laubuah.

"Namun ada juga daerah wisata yang bisa kita buka di Dusun Laubuluh, daerah wisata sungai, tempat mandi dan juga air terjun Laubatang," terangnya.

"Warga Desa Telagah mayoritas petani Sawit dan kopi," tutup Suranta yang berniat untu mengembangkan tanaman kopi. (Sangap.S)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER