• Follow Us On : 
Untuk Mengantisipasi Pemanasan Global, Dandim 0205/TK Perintahkan Jajaran Menanam Kayu Dengan Cara Seed Ball Bersama Masyarakat Personil Kodim saat melempar bola tanah yang berisikan benih pohon

Untuk Mengantisipasi Pemanasan Global, Dandim 0205/TK Perintahkan Jajaran Menanam Kayu Dengan Cara Seed Ball Bersama Masyarakat

Sabtu, 06 Juli 2024 - 12:33:23 WIB
Dibaca: 917 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ Upaya untuk mengurangi dampak pemanasan global, sekaligus menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, Kodim 0205/TK beserta jajarannya melakukan penanaman ribuan pohon penghijauan secara lempar bola tanah yang berisikan benih pohon di Desa Laubaleng Kabupaten Karo, Sabtu 6/7/2024.

Kegiatan yang dipimpin langsung Komandan Kodim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti tersebut melibatkan personel dan masyarakat maupun perangkat desa.

Penghijauan ini sebagai momentum gerakan Indonesia menanam pohon dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup. Juga menambah komunitas tanaman yang akan berkontribusi menambah oksigen sehingga, akan mewujudkan lingkungan yang sehat. 

“Diharapkan, untuk menjaga keberlangsungan tanaman ini agar lebih terjamin dan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat diperlukan koordinasi dan kerjasama semua pihak untuk mengawasi dan merawat fisik tanaman tersebut, agar tanaman tersebut bisa tumbuh kembang dengan baik, dan tidak ada yang merusak pohon yang sudah ditanam ini,” tandasnya.

Dandim menambahkan," dalam rangka  menjaga ekosistem & kelestarian lingkungan hidup serta penghijauan untuk mencegah & menghindari terjadinya  pemanasan global & lingkungan hidup (hutan) yang rusak akibat ilegal Logging, pembukaan lahan serta perambahan hutan.

" dalam hal ini, saya memerintahkan kepada Koramil jajarannya melaksanakan penanaman biji pohon secara lempar bola yang berisikan benih pohon atau sistem sedd ball, dalam hal ini menggunakan bibit tanaman keras di wilayah desa binaannya masing - masing di Kabupaten Karo khususnya.

Kegiatan ini merupakan upaya Satkowil Kodim 0205TK di wilayah masing-masing bersama dengan warga desa untuk menanggulangi terjadinya erosi/longsor tanah atau perbukitan gundul yang berdampak timbulnya bencana alam yang bisa berdampak kerugian baik korban jiwa maupun materi.

Besar harapan kami dengan sistem seedball ini benih atau biji tanaman keras yang telah terbungkus oleh tanah diisi dengan pupuk supaya dapat merangsang biji/benih tanaman dengan cepat tumbuh sehingga diharapakan tanaman yang tumbuh dapat menahan atau menjaga ekosistem geografis yang ada., " tutup Dandim.

 

Laporan : Surbakti 


 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER