• Follow Us On : 
Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Peringati HKN Ke 59, drg Irna Safrina Milala: Tranformasi kesehatan harus kita tingkatkan dimulai dari kita pribadi keluarga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Milala saat menyampaikan kata sambutan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Peringati HKN Ke 59, drg Irna Safrina Milala: Tranformasi kesehatan harus kita tingkatkan dimulai dari kita pribadi keluarga

Jumat, 17 November 2023 - 13:12:48 WIB
Dibaca: 1212 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 Kabupaten Karo digelar di Jambur Gerga Tigapanah Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo pada hari Jumat 17/11/2023

Bupati Karo Cory S Sebayang yang diwakili Wakil Bupati Theopilus Ginting  membacakan sambutan Meteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin yang menekankan enam pilar trasformasi kesehatan yang merupakan penopang sistem Kesehatan Indonesia yang harus dibangun serius dan terus menerus.

“Saat ini Indonesia mengalami periode bonus demografi yang terjadi hanya satu kali dari beradaban sebuah negara. Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang sebagai momentum Indonesia lolos dari middle income trap menjadi Indonesia pendapatan tinggi serta mencapai Indonesia emas 2045.”terang Theopilus Ginting. 

Menurut Menkes, Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju adalah upaya untuk meningkatkan kualitas layanan Kesehatan di Indonesia, sehingga dapat mewujudkan Masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Adapun enam pilar tersebut yaitu pilar layanan primer, pilar layanan transformasi rujukan, pilar layanan tranformasi sistem layanan ketahanan kesehatan, pilar layanan transformasi pembiayaan Kesehatan, pilar layanan transformasi sumber daya manusia kesehatan, dan pilar layanan transformasi teknologi Kesehatan.

Pertama, Layanan Kesehatan primer adalah layanan Kesehatan yang diberikan pada tingkat pertama yaitu puskesmas dan jarinagnnya. Layanan Kesehatan ini harus dapat memberikan layanan yang berkualitas dan terjangkau oleh Masyarakat terutama daerah terpencil dan tertinggal.

Kedua, Layanan rujukan dilakukan dari akses layanan Kesehatan yang susah menjadi lebih muda. Ketiga, Tranformasi sistem ketahanan Kesehatan, dari industri kesehatan yang bergantung keluar negeri menjadi mandiri di dalam negeri dan dari sistem Kesehatan yang rentan di masa wabah menjadi tangguh.

Keempat, Transformasi pembiayaan Kesehatan, dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif. Kelima, Transformasi sumber daya manusia di bidang Kesehatan, dari tenaga Kesehatan yang kurang menjadi cukup dan merata. Keenam, Transformasi teknologi Kesehatan, dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi dan dari teknologi Kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan.

Menkes menambahkan, Transformasi Kesehatan tidak dapat terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan Kesehatan. Diharapkan kepada seluruh tenaga Kesehatan, seluruh pegawai dan pejabat pemerintah agar dapat bekerja dengan kompeten, jujur, selaras dalam mengawal dan menyukseskan Transformasi Kesehatan," ucap Theopilus Ginting. 

Ditempat yang sama, Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Milala mengatakan, " Dalam Rangka memperingati hari kesehatan Nasional ke - 59, Tranportasi kesehatan harus kita tingkatkan dimulai dari kita pribadi keluarga , kalo sudah berjalan dengan baik maka akan tercipta kesehatan sejak dini.

"Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh Puskesmas yang sudah hadir pada saat ini, dimana penyelenggaraan hari kesehatan Nasional dapat kita laksanakan dimana sebelumnya selama 3 (tiga) tidak kita rayakan karena pandemi covid 19.

SDM Karo harus kita tingkatkan melalui Puskesmas yang berada di Kecamatan mari,  kita ajarkan tentang kesehatan pola makan dengan baik lingkungan yang bersih.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER