• Follow Us On : 
Meski Ofer Kapasitas , Rutan Kabanjahe Kanwil Kemenkumham Sumut Tetap Mengedepankan Kebersihan Lingkungan Terlihat Karutan Kabanjahe Chandra Syahputra Tarigan SH MH saat gotongroyong bersama

Meski Ofer Kapasitas , Rutan Kabanjahe Kanwil Kemenkumham Sumut Tetap Mengedepankan Kebersihan Lingkungan

Jumat, 22 September 2023 - 10:00:45 WIB
Dibaca: 1188 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Tidak bisa dipungkiri, permasalahan kelebihan kapasitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) masih terjadi di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kabanjahe.

Meski begitu, petugas rutan tetap berusaha membina WBP agar sadar akan kebersihan dan kerapian lingkungan. Salah satu upayanya, dengan rutin laksanakan kontrol area wisma hunian WBP. Dengan didampingi pejabat struktural dan Rupam (Regu Pengamanan) yang bertugas.

“Jika kita sadar dan bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi, maka hal tersebut akan terbawa dalam pola hidup kita. Dan nantinya ketika WBP bebas, bisa turut berperan serta di tengah masyarakat memelihara kebersihan dan kerapian di daerah yang mereka tinggali." ujar Kepala Rutan Kelas II B Kabanjahe Chandra Syahputra Tarigan SH MH ketika dikonfirmasi wartawan pada hari Jumat 22/9/2023.

Meski dengan jumlah WBP yang saat ini melebihi kapasitas menurut dia, tidak menutup kemungkinan wisma yang ada tetap bisa dijadikan tempat yang nyaman.

“Kita ciptakan agar para WBP tidak beban saat menjalani masa hukuman, karena kita juga banyak kegiatan di dalam (Rutan, red) sehingga bisa membuat para WBP seperti tidak dikurung,” tuturnya.

Hal senada dijelaskan Kepala Subseksi Pelayanan Tahanan Sastra Barus didampingi KPR Kamsen Bangun . Selain untuk membuat nyaman, menjaga kebersihan juga menurutnya bisa menekan terjadinya ganguan kesehatan. Sehingga, WBP bisa terhindar dari penyakit.

"Jadi selama para WBP menjalani masa hukumannya kita bimbing dengan memahami arti kebersihan dan kerapian lingkungan. Lingkungan yang bersih dan rapi akan memberikan kesehatan pada diri sendiri maupun orang lain,” ucap Sastra Barus. 

Diketahui Rutan Kabanjahe yang hanya memilki daya tampung penghuni sebanyak 244 orang, kini terdata jumlah seluruh WBP sudah mencapai 810 orang.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER