• Follow Us On : 
Penyerahan Pestisida di Desa Selakkar di Berikan Langsung Oleh Apriandi Kaban Sebagai Kepala Desa

Penyerahan Pestisida di Desa Selakkar di Berikan Langsung Oleh Apriandi Kaban Sebagai Kepala Desa

Kamis, 27 Juli 2023 - 15:47:25 WIB
Dibaca: 526 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Kegiatan sosialisasi ketahanan pangan kepada masyarakat di desa Selakkar Kecamatan Munte Kabupaten Karo dari PT. JAI (JAWA AGRINDO INTERNASIONAL ) Wilayah Kabupaten Karo dengan Narasumber Iyan Perangin Angin selaku perwakilan.Kamis 27Juli 2023.

Di bidang pertanian, penggunaan pestisida telah dirasakan manfaatnya untuk meningkatkan produksi, adanya pestisida memberi manfaat dan keuntungan, diantaranya yaitu cepat menurunkan populasi jasad penganggu tanaman dengan periode pengendalian yang lebih panjang, mudah didapat, relative murah dan praktis cara penggunaannya, mudah diproduksi secara besar-besaran serta mudah diangkut dan disimpan. Namun, tujuan penggunaan pestisida adalah untuk mengurangi populasi hama. 

Manfaat dari mempelajari pestisida yaitu dapat mengetahui penggolongan pestisida dan dapat membedakan formulasi pestisida, dapat mengetahui atau menentukan formulasi pestisida yang lebih aman untuk pengaplikasiannya dan dapat mengetahui teknik pengaplikasiannya serta mengetahui kelemahan dari masing-masing pestisida.

Salah satu faktor pembatas produksi  adalah Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) baik berupa hama, penyakit, dan gulma, sedangkan pengendalian  bisa dibilang identik dengan pestisida. Pengendalian yang efektif dan efisien adalah  apabila  setiap unit pestisida dapat mencapai sasaran dengan tepat.

Adapun pestisida yang diterangkan pengunaanya adalah Proven 80WP Mankozeb Hijau Promulasi terbaru ,Pinamec 20EC Abamectin bening,NEXUS 40SP Metomil,Propel 276 SL Bahan aktif Paraquat Diklorida dan Swift 550/50 EC Bahan Aktif : Klorporifos/Sipermetrin.

Tujuan kegiatan agar warga/petani desa selakkar lebih memahami cara pemakaian Pestisida dan tepat sasaran sesuai dengan hama dan kondisi tanaman, agar tidak terjadinya Resisten terhadap hama. 

Berdasarkan hasil musrenbang warga maka dibuat pengadaan Pestisida yang dimana agarannya di tampung dalam APBDes.Kepala desa Selakkar Apriandi Kaban langsung menyerahkan pestisida tersebut kepada masyarakat petani yang ada di desa tersebut. 

Dalam kegiatan sosialisasi dan penyerahan pestisida di desa Selakkar turut hadir Camat Munte Oberlin Sembiring ,Narasumber Iyan Perangin Angin selaku perwakilan dari PT. JAI ( JAWA AGRINDO INTERNASIONAL) Wilayah Kab.Karo bersama pendamping Desa Kamson Sinurat. 

 

Lap : Nico



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER