• Follow Us On : 
Waspada Pencurian Ternak, Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap Ingatkan Warganya dan Tambah Kunci Pengaman Personil Polres Tanah Karo saat sambangi dan sampaikan pesan kamtibmas

Waspada Pencurian Ternak, Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap Ingatkan Warganya dan Tambah Kunci Pengaman

Sabtu, 11 Februari 2023 - 12:28:54 WIB
Dibaca: 503 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Kapolres AKBP Ronny Nicolas Sidabutar SH melalui Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap intruksikan personilnya untuk selalu mengingatkan masyarakat agar mewaspadai pencurian ternak. 

Sebab pencuri itu kita tidak tau kapan datangnya , apalagi setuasi ekonomi sekarang , dan menjelang bulan ramadhan, menjelang biasanya pencurian ternak meningkat . "Biasanya menjelang bulan ramadhan pencurian ternak, khususnya sapi dan kambing meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Untuk itu di intruksikan kepada personil mengimbau warga agar lebih waspa," kata AKP Ridwan Harahap pada hari Sabtu 11/2/2023 .

Ia menyampaikan ada beberapa trik yang bisa dilakukan masyarakat agar hewan ternak aman dari aksi pencurian. Pertama, jangan melepaskan hewan ternak terlalu jauh, sehingga sulit dipantau. Kedua, menambah kunci pengaman pada pintu kandang dan menambah penerangan di area sekitar kandang, ujarnya

Mantan Kasat Lantas ini mengatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan kriminalitas pencurian hewan ternak jelang datangnya bulan ramadhan nanti.

"Para pelaku pencurian ini kerap menggunakan peluang saat para pemilik ternak lengah. Juga para pelaku tidak berpikir panjang dan langsung melakukan kejahatan dengan cara mencuri hewan tersebut, bahkan mungkin di antaranya ada yang sudah merencanakan," ucapnya.

Untuk mencegah terjadinya aksi pencurian hewan ternak itu, selain memberika  imbauan kepada masyarakat, pihaknya juga  meningkatkan patroli rutin di wilayah hukumnya.

Kendati demikian ia meminta agar masyarakat sejak hari ini mulai menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan dengan melakukan ronda malam agar penjagaan lebih maksimal, ungkapnya.

Menindaklanjuti intruksi Kapolres Tanah Karo AKBP Ronny Nicolas Sidabutar maupun Kapolsek Simpang Empat AKP Ridwan Harahap tersebut, Bhabinkamtibmas melalui giat sambang yang di lakukannya di Desa desa yang ada diwilayah Hukum Polsek Simpang Empat dan mengintruksikan kepada warga binaan nya yang memilik hewan ternak, seperti Kerbau, Kambing dan Sapi agar selalu mewaspadai pencurian ternak tersebut. 

Sesuai arahan bapak Kapolres Tanah Karo para peternak agar tidak  melepaskan hewan ternak terlalu jauh, serta menambahkan kunci pengaman pada pintu kandang dan menambah penerangan di area sekitar kandang. Ini salah satu upaya agar hewan ternak tidak disikat maling, ujarnya.

 

Laporan : Sekilap 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER