• Follow Us On : 
Guru Honorer di Karo, yang sudah terdaftar Di Dapodik Diminta agar di Angkat jadi ASN Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Karo

Guru Honorer di Karo, yang sudah terdaftar Di Dapodik Diminta agar di Angkat jadi ASN

Kamis, 27 Januari 2022 - 11:04:53 WIB
Dibaca: 1305 kali 
Loading...

Petunjuk7.com [ Sebagian besar status guru yang mengajar di sekolah SD dan SMP Negeri berstatus honorer. Namun ketika ada kesempatan mengikuti program pemerintah pusat dalam P3K ( Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja )  adalah rekrutmen untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditujukan untuk WNI yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas Pemerintahan. Program ini bagi para guru Honorer di nilai tidak tepat sasaran. Terkhusus bagi guru honorer yang sudah mengajar 3 tahun sampai 30 tahun masa kerja. 

Seperti yang di ungkapkan oleh Antonius Berahmana ( 55 ) pada Kamis, ( 27/01/2022 ) salah satu Guru Honorer di SDN 046574 Sadaperarih  SDN 044830 Cinta Rakyat dengan ijajah Sarjana Strata Satu Sastra Inggris yang sudah mengabdikan diri mengajar selama lebih 25 tahun mengajar. 

" Kami sangat sedih, dengan adanya program P3K untuk guru honorer yang masih belum tepat sasaran dalam melaksanakan peraturan pengangkatan untuk P3K". Kami khususnya guru yang berijazah Bahasa Inggris di Karo tidak di buka Formasi dengan alasan kuota penuh, artinya tidak di buka kesempatan untuk mengikuti ujian tersebut. Padahal menurut kami dengan masa pengabdian 3 tahun ke atas sudah sewajarnya di angkat menjadi ASN mengingat guru merupakan jantungnya Negara ini. Mengingat begitu pentingnya pendidikan bagi para generasi. Namun disini kami malah merasa bahwa kami adalah kaum yang tertindas. Kami punya ijajah, kami S1, tapi nasib kami sangat menyedihkan katanya. 

Masih ada teman kami yang mendapat gaji honor hanya Rp. 150.000/ bulannya, itu pun dibayarkan 3 bulan sekali. Itu pun kami bertahan demi pengabdian dan berharap suatu saat ada perhatian pemerintah kepada kami. Dan saat ini ada kesempatan kepada kami yang bertahan dalam pengabdian malah terkesan di abaikan oleh pemerintah khususnya pihak Dinas Pendidikan Tanah Karo kata nya. 

Revina ( 41 ) guru honorer yang sudah puluhan tahun mengabdi juga mengatakan hal yang sama, saya juga guru honorer yang berijajahkan S1 Sastra Inggris namun di Dapodik saya terdaftar sebagai guru kelas, itu lah sebabnya nomor peserta ujian P3K kami keluar semua, tapi yang kami sangat sayangkan formasi untuk guru bahasa Inggris tidak dibuka di Karo, alasannya jurusan dengan jabatan sebagai guru kelas tidak linier.

Formasi untuk guru bahasa inggris di bilang penuh. Padahal kurikulum untuk muatan lokal bahasa Inggris di SD untuk kelas 4,5,6 sudah ada. Kenapa tidak di usulkan hal tersebut, dimana nilai pengabdian dan keadilan untuk kami selama ini. Banyak sekali kami guru kelas dengan ijajah Sastra Inggris khususnya, namun tidak di buka kesempatan. Malah kami yang di salahkan, kenapa tidak kuliah PGSD saja dulu kata pihak Dinas sementara Dapodik kami sebagai guru kelas mereka yang membuat. kami mengajar sudah bertahun tahun dengan gelar sarjana pendidikan yang kami punya ujarnya. 

Harapan kami, program P3K ini memang betul - betul mengutamakan para guru honorer yang sudah mengajar bertahun tahun, ini kesempatan dan seharusnya pengabdian kami selama ini di nilai dan di apresiasi bukan malah di kritik. Untuk itu tolonglah bagi para pemangku jabatan di bidangnya di daerah kami ini mengajukan ke BKN pusat keluhan dan permohonan kami yg selama ini kmi sampaikan ke pihak yg membidanginya di daerah ini ucap Revina yang mengajat di SD N 047178 Desa Kineppen Kecamatan Munthe Kab Karo.

Laporan  : Sekilap 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER