• Follow Us On : 
Babinsa Koramil 04/SE Praka Popo Ingatkan Warga Supaya Jangan Masuk Zona Merah Sinabung Babinsa Jaga Portal Gunung Sinabung

Babinsa Koramil 04/SE Praka Popo Ingatkan Warga Supaya Jangan Masuk Zona Merah Sinabung

Selasa, 31 Agustus 2021 - 10:22:11 WIB
Dibaca: 675 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Pihak Koramil 04/SE kesatuan Kodim 0205/TK , Praka Popo dengan tulus dan ikhlas menjaga portal yang berada di Simpang Tiga Kicat guna melarang masyarakat maupun wisatawan lokal/non lokal memasuki zona merah di kawasan Gunung Sinabung, Selasa 31/08/2021 . Pasalnya, saat ini gunung Sinabung statusnya Sinabung Level III (Siaga).

"Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara," ungkap Praka Popo .

Praka Popo menjelaskan, bahwa apabila terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau menggunakan masker.

"Bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," sebutnya.

Senada Praka Popo , Petugas Pos Pemantau Gunung Sinabung  Armen Putra, mengimbau kepada masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

"Meskipun sudah status siaga di level 3 dan sudah dibuat pengumuman ada larangan, namun warga masih banyak memaksakan diri memasuki zona merah," aku Armen.

Nekat Masuk

Menurut pengakuan Babinsa Koramil 05/SE kesatuan Kodim 0205/TK, Praka Popo mengaku kadang menemukan masyarakat nekat memasuki kawasan zona merah gunung Sinabung.

“Tugas saya menjaga portal disini melarang warga masuk zona merah,” ungkapnya.

Lanjut Praka Popo , menemukan masyarakat memasuki kawasan zona merah kala dirinya tengah mengadakan patroli rutin.

”Masih ada saja warga yang masuk zona merah untuk melihat kebunnya. Tanggung jawab kami di Pos Zona Merah hanya bisa melarang dan memberikan sosialisasi agar masyarakat menjauhi zona merah 0 (nol) km sampai dengan 5 km. Tapi ada saja tidak mematuhi,” sebut Praka Popo 

Laporan : Sekilap 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER