• Follow Us On : 
Tanggapi Keluhan Petani, Ditjen PSP Tambah Kuota Pupuk Subsidi di Karo Seorang petani di Kabupaten Karo sedang memupuk tanaman wortelnya menggunakan pupuk subsidi, Jumat (6/11/2020). Foto: KS

Bumi Turang

Tanggapi Keluhan Petani, Ditjen PSP Tambah Kuota Pupuk Subsidi di Karo

Jumat, 06 November 2020 - 18:11:20 WIB
Dibaca: 1202 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Terkait keluhan sejumlah para petani di daerah direspons cepat oleh Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP).

Rencananya, anggaran untuk pupuk subsidi tahun 2020 ini segera ditambah setelah Kementerian Keuangan menyetujui permintaan Kementan.

Kabar baik ini sekaligus menjawab keluhan sejumlah petani, terutama di Indonesia khususnya di Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara.

Kementerian Keuangan dikabarkan sudah mengetahui permintaan Kementan untuk menambah kekurangan alokasi pupuk subsidi sekitar 1 juta ton, atau senilai Rp 3,14 triliun.

Yang sedang dalam proses pembahasan dan penyelesaian seluruh dokumen anggaran.

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo disetujui permintaan untuk menambah alokasi pupuk subsidi adalah kabar baik buat insan pertanian.

“Jika nanti penambahan pupuk subsidi sudah direalisasi, kita ingin agar dampaknya pada produktivitas pertanian juga terjadi. Produksi pertanian harus meningkat dan penambahan pupuk subsidi akan turut menunjang ketahanan pangan,” kata Syahrul Lippo kemarin .

Menyikapi hal yang d sampaikan  Menteri Pertanian tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Karo, Ir Metehsa Purba ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (6/11/2020), melalui pesan elektronik WhatApss-nya, terkait penambahan pupuk bersubsidi tersebut, mengatakan, bahwa penambahan pupuk tersebut sudah dialokasikan ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten  Karo ini melalui distributor.

"Jadi, adapun penambahan pupuk tersebut adalah untuk Pupuk urea di Kecamatan Barusjahe sebanyak 50 ton, SP 36 75 ton , ZA 30 ton dan NPK Phonska 40 ton. Untuk Kecamatan Berastagi, Urea 10 ton, Sp 36 15 ton, ZA 5 ton dan NPK Phonska 20 ton. Untuk kecamatan Dolatrayat, Urea 30 ton, SP 36 5 ton, ZA 0 ton dan Phonska 5 ton. Untuk Kecamatan Juhar, Urea 370 ton, SP 36 30 ton, ZA 10 ton dan NPK Phonska 25 ton dan sebagian lagi untuk kecamatan lainnya," katanya.

"Jadi jumlah keseluruhan untuk alokasi pupuk subsidi untuk tahun 2020 ini di salurkan kepada petani sebanyak 14,680 ton untuk Urea, SP 36 3,391 ton, ZA 3,904 ton, NPK Phonska 8,410 ton dan organik 2994 ton," sebut Metehsa Purba. (KS). 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER