• Follow Us On : 
Poldasu - Polres Karo Kerahkan Water Canon Untuk Siram Abu Vulkanik di Wilayah Lingkar Sinabung  Tampak, mobil Water Canon milik Polres Tanah Karo saat menyiram bekas abu vulkanik di seputaran Kecamatan Namanteran, Rabu (19/8/2020) siang. Foto: KS

Bumi Turang

Poldasu - Polres Karo Kerahkan Water Canon Untuk Siram Abu Vulkanik di Wilayah Lingkar Sinabung 

Rabu, 19 Agustus 2020 - 18:17:14 WIB
Dibaca: 1660 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Erupsi Gunung Sinabung yang menguyur hampir sebagian wilayah di lingkar Sinabung dengan hujan abu vulkanik, sehingga dengan tanggap personel gabungan Polri mengambil langkah singap menurukan lima (5) unit mobil Armoured Water Cannon menyiram abu tersebut menebar di sepanjang jalan.

Untuk itu, Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo Indriyono, SH., SIK, melalui Kasat Sabhara Polres Tanah Karo, AKP Enda Tarigan membenarkan dilakukannya kegiatan penyemprotan diseputar wilayah lingkar Sinabung tersebut kepada sejumlah wartawan, Rabu (19/08/2020) siang di sela - sela penyemprotan tersebut.

Dijelaskannya, adapun Gabungan pelaksanaan tersebut menurunkan enam (6) unit AWC, yang melakukan penyemprotan 5 unit AWC ke desa di Kecamatan Naman Teran, melibatkan personel Dit Samapta Polda Sumatra Utara (Poldasu), Polresta Deli Serdang, Polres Belawan serta Polres Tanah Karo.

"Dit Samapta Polda Sumut yang menurunkan tiga unit AWC, satu unit Raisa, satu unit Rescue, satu unit Rantis Rescue, satu unit Isuzu pick up dilengkapi pompa air portabel serta operator 17 personil Polresta Deli Serdang juga menurunkan satu unit AWC,Operator 4 orang personil,Polres Belawan Satu unit AWC, operator 4 orang personel dan Pihak Polres Tanah Karo menurunkan satu unit AWC beserta personel," jelas AKP Enda Tarigan.

Ditambahkan AKP Enda Tarigan, bahwa mobil pickup difungsikan untuk kelengkapan pompa air portabel

"Kita berharap dengan melakukan penyemprotan tersebut mampu membersihkan abu vulkanik di areal pemukiman masyarakat," terangnya.

"Kita tidak mampu memprediksi kapan akan terjadi erupsi Gunung Sinabung. Namun pihak Polri bekerjasama dan bersinergi dengan pihak - pihak terkait dalam melakukan penyemprotan agar meminimalisir abu vulkanik yang menimbulkan berbagai dampak, baik untuk manusia," tumbuhan dan ternak," tutup Kasat Sabhara Polres Tanah Karo.

Ditambahkannya, adapun titik lokasi yang akan disemprot beberapa desa tersebut yakni di Desa Naman Teran dioperasikan 2 unit AWC, Desa Ndeskati 1 unit AWC, Sukafepu 1 unit, di Desa Gung Pintu beroperasi 1 unit AWC dan 1 unit AWC. Kemudian, di Desa Kutambelin yang merupakan berada di Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo.

Seorang warga Desa Naman Teran, mengaku bernama Okta Sitepu (39) kepada wartawan mengucap syukur kepada personel Polri Polisi yang sudah berperan menyemprot abu vulkanik.

"Saya pribadi sebagai warga mengucapakan rasa terimakasih kepada Bapak - bapak polisi yang tidak kenal lelah melakukan penyemprotan abu vulkanik. Bapak-bapak ini tetap setia mendampingi kami dalam situasi erupsi. Setelah penyemprotan, hawa sudah berkurang panasnya. Xan Tuhan nantinya yang membalas semua kerja begitupun pelayanan Bapak kepolisian," ucap Okta dengan tersenyum sumigrah yang juga mencari nafkah dengan bertani ini. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER