• Follow Us On : 
BNPB - RI Akan Kucurkan Dana Untuk Penanganan Erupsi Gunung Sinabung Deputi Pencegahan BPNB - RI, Lilik Kurniawan saat kunjungan ke Desa Naman Teran, melihat aktivitas Gunung Sinabung, Kamis (13/8/2020). Foto: KS

Bumi Turang

BNPB - RI Akan Kucurkan Dana Untuk Penanganan Erupsi Gunung Sinabung

Kamis, 13 Agustus 2020 - 20:03:15 WIB
Dibaca: 1721 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Badan Penanggulangan Bencana Nasional Republik Indonesia (BNPB - RI) akan mengucurkan anggaran kegiatan operasional dilapangan sebesar Rp 250 juta ke Pemerintah Kabupaten Karo terkait penangana bencana erupsi Gunung Sinabung tahun 2020.

"Dana itu peruntukan ke pengadaan air bersih, masker, obat - obatan dan lain lainya. Jika kurang bisa ditambah," sebut Deputi Bidang Pencegahan BNPB- RI Lilik Kurniawan kepada www.Petunjuk7.com saat meninjau aktivitas Gunung Sinabung,  Kamis (13/8/2020).


Saat ini BNPB - RI masih menghitung kebutuhan dasar,  yang dibutuhkan oleh masyarakat terkena erupsi Gunung Sinabung.

"Lebih lanjut rapat koordinasi peringatan dini. dan upaya kesiapsiagaan erupsi Gunung Sinabung sudah dilakukan. Artiannya, jika Gunung Sinabung erupsi besar Pemkab Karo harus siap," terang Lilik.

"Dalam penanganan masyarakat mengungsi jika itu diperlukan, dan mencukupi kebutuhan masyarakat yang mengungsi. Untuk penanganan bencana Pemkab Karo akan dibantu, Polres Karo,  Kodim 0205/TK dan pemerintah provinsi," tutur Deputi Bidang Pencegahan BNBP - RI.


Ditempat yang sama Dansatgas Gunung Sinabung Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, S.,sos., ketika dikonfirmasi wartawan di sela - sela kunjungan Deputi Pencegahan BNPB - RI, menyampaikan, terkait penanganan erupsi Gunung Sinabung tetap memberikan imbauan kepada masyarakat.

"Kami dari Dansatgas tetap menghimbau kepada masyakarat yang berada di seputaran lingkar Sinabung agar tetap waspada dan jangan memasuki ke zona merah yang sudah ditentukan Pusat Vulkanologi," Dansatgas Gunung Sinabung yang juga Dandim 0205/Tanah Karo.

"Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa -desa yang sudah direlokasi, serta lokasi didalam radius radial tiga (3) kilo meter dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral lima (5) kilo meter untuk sektor Selatan - Timur, dan empat (4) kilo meter untuk sektor Timur - Utara," timpal Kepala Vulkanologi Kabupaten Karo, Armen Putra menambah keterangan Dansatgas Gunung Sinabung.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai - sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," jelas Armen. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER