• Follow Us On : 
Sekolah Persiapkan Mekanisme Menuju New Normal, Kadis Pendidikan Karo: Betul Kepala SMPN 3 Berastagi, Sri Henni Br Saragih memperlihatkan kepada wartawan tentang brosur berisi cara mengatasi Covid 19 di lingkungan SMPN 3 Berastagi, Selasa (16/6/2020) siang. Foto: KS

Bumi Turang

Sekolah Persiapkan Mekanisme Menuju New Normal, Kadis Pendidikan Karo: Betul

Selasa, 16 Juni 2020 - 20:46:45 WIB
Dibaca: 2083 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 (SMPN 3) Berastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Sri Henni Br Saragih, kepada wartawan, Selasa (16/6/2020) siang di ruang kerjanya, mengatakan, saat ini pihaknya menyiapkan mekanisme menuju new normal yang akan diterapkan di lingkungan sekolah.

Mekanisme itu, jelasnya, dipaparkan
saat menggelar rapat bersama para guru guna membahas mengenai penerapan new normal dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Ini sebagai langkah menghindari sekolah menjadi tempat penularan Covid-19 saat dibuka kembali," kata Sri usai rapat bersama seluruh Guru SMPN 3 Berastagi.

“Jadi dalam pembelajaran tatap muka di sekolah wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sekolah harus mempersiapkan hal itu,” ujarnya.

Turut dikatakan Sri, selain penerapan protokol kesehatan seperti menyediakan kran, dan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun, pengukuran suhu tubuh bagi warga sekolah sebelum memasuki lingkungan sekolah

"Memakai masker dan menyediakan hand sanitizer, sekolah wajib membuat jarak tempat duduk siswa di kelas. Jmlah murid pun dibatasi sebanyak 15 orang," terang Sri.

“Pembatasan jumlah isi kelas ini dilakukan untuk menghindari penumpukan murid di kelas,” imbuhnya.

Ia juga menambahkan, kebijakan penerapan new normal tersebut akan mungkin diaplikasikan dalam waktu dekat setelah new normal ini berlaku di Kabupaten Karo atau setelah keluar surat edaran nanti tentang kebijakan pembelajaran pada kondisi kenormalan baru terkait masa darurat Covid-19 di Kabupaten Karo khusus

Untuk diketahui, tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020 mendatang, dan Pemerintah Kabupaten Karo sudah memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa PAUD hingga SMP sampai ahir bulan Juni ini.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Eddy Suryanta Surbakti ketika dikonfirmasi wartawan, Selasa (16/6/2020) siang tentang sekolah menuju new normal, mengatakan, membenarkan hal tersebut.

"Betul, semua SD (Sekolah Dasar) SMP maupun sampai ke tingkat PAUD (Pendidukan Anak Usia Dini) sudah saya instruksikan kepada Kepala Sekolah masing masing agar menerapkan atau mempersiapkan penyambutan new normal untuk tahun ajaran baru ini. Karena menurut surat edaran dari Mentwri Pendidikan akan bisa sekolah pada tahun ajaran baru ini bagi wilayah zona hijau. Jadi Kabupaten Karo kan masih status zona merah, jadi belum bisa kita pastikan kapan mulai masuk sekolah atau tatap muka sama siswa/i sebelum ada surat dari Gugus Tugas Kabupaten Karo," terangnya.

"Tapi walaupun demikian, sudah saya  perintahkan seluruh sekolah agar mempersiapkan semua atau mengikuti protokol kesehatan jika Kabupaten Karo turun status menjadi zona hijau agar benar - benar sudah siap menerima siswa/i tahun ajaran baru nantinya," ucap Kadis Pendidikan Kabupaten Karo. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER