• Follow Us On : 
Serka J Lingga Hadiri Sosialisasi Stop BABS di Desa Pancur Batu Serka J Lingga saat menghadiri sosialisasi Stop BABS di Desa Pancur Batu, Kamis (16/5/2019). Foto:KS

Kabar Desa

Serka J Lingga Hadiri Sosialisasi Stop BABS di Desa Pancur Batu

Kamis, 16 Mei 2019 - 14:30:55 WIB
Dibaca: 1584 kali 
Loading...

Petunjuk.com - Danramil 02/Tiga Panah - Dim 0205/TK melalui Babinsa, Serka J Lingga, menghadiri sosialisasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) yang digelar oleh pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Karo melalui Puskesmas Merek bertempat di Losd Desa Pancur Batu, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Kamis (16/5/2019).

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah sekitar limapuluh (50) orang.

Kemudian, hadir dalam kegiatan tersebut selain Babinsa, petugas Puskesmas Kecamatan Merek, Tamanta Br Karo, Kepala Desa Pancur Batu, SM Munthe dan masyarakat Desa Pancur Batu.

Petugas Puskemas Kecamatan Merek, Tamanta Br Karo  dalam kata sambutannya menyebutkan, bahwa strategi sasional STBM yang diprogamkan pemerintah memiliki indikator outcome, yaitu menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.

Sedangkan, lanjutnya, indikator output-nya adalah sebagai berikut: 1 Tidak BAB sembarangan (Stop BABS), 2 Mencuci tangan pakai sabun (CTPS), 3 Mengelola air minum dan makanan yang aman, 4 Mengelola sampah dengan benar, 5 Mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

Untuk itu, Serka J Lingga dalam kata sambutannya, mengatakan, saat ini sudah merupakan urusan bersama terkait Stop - BABS.

"Tidak lagi terbatas hanya sebagai wewenang dari satu dinas tertentu. Tetapi sudah meluas ke berbagai penggiat yang ada, baik di pemerintahan maupun non pemerintahan. STBM sebagai program nasional di bidang sanitasi memerlukan koordinasi lintas sektor untuk membuat program ini berjalan baik," jelasnya. (KS).



 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER