• Follow Us On : 
Babinsa Bantu Petani Desa Negeri Cabut Rumput Disekitar Tanaman Jagung Salah satu kegiatan Babinsa sedang bersihkan lahan jagung menggunakan mesin rumput. Foto:KS

Kabar Desa

Babinsa Bantu Petani Desa Negeri Cabut Rumput Disekitar Tanaman Jagung

Senin, 25 Februari 2019 - 19:18:24 WIB
Dibaca: 681 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Babinsa, Koramil 07/Juhar, Pelda Darianto mengadakan upaya khusus (upsus) membantu membantu petani melakukan pencabutan rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung di lahan milik Bapak S.Sebayang di Desa Nageri, Kecamatan Juhar, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Senin (25/2/2019).

“Pada pengendalian satu masalah yang dihadapi dalam upaya peningkatan produktivitas jagung, termasuk pertumbuhan gulma menjadi faktor yang cukup mengganggu dalam budidaya jagung,” kata Pelda Darianto kepada www.petunjuk7.com.

Pelda Darianto, menambahkan, tanaman pengganggu yang tumbuh diantara tanaman utama bisa mengganggu.

"Karena bersaing dengan tanaman utama terhadap kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal." Paparnya.

Untuk itu, Danramil 07/Juhar, Kapten Inf Naibaho mengatakan, tanaman jagung perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal.

Sehingga lanjutnya, salah satunya adalah dengan pengendalian gulma dan tanaman pengganggu tanaman jagung.

"Ini mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah sampai membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung," tutur Danramil 07/Juhar kepada www.petunjuk7.vom.

“Ini dilaksanakan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat,” ujarnya.

Kegianta memonitoring tanaman di desa binaannya, terang Danramil 07/Juhar, untuk sebagai apresiasi tindakan percontohan bagi masyarakat setempat.

“Dalam kegiatan itu, yang dimaksud untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman, serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung,” tambah Danramil.

Petani jagung Desa Nageri, S.Sebayang mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah bersedia mendampingi para petani.

"Sehingga petani khususnya di Desa Nageri, Kecamatan Juhar, mendapatkan pelajaran tentang bagaimana cara merawat dan menanam jagung dengan benar," sebut S.Sebayang kepada www.petunjuk7.com.

Dia berharap dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah para petani akan menghasilkan panen sesuai yang diharapkan.

"Hingga akhirnya dapat mendukung suksesnya kegiatan swasembada pangan sesuai harapan pemerintah," katanya. (KS).



 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER