• Follow Us On : 
Panen Raya Jagung di Karo dan Dairi Diperkirakan Januari dan Februari 2019 Jagung milik petani. Foto:KS

Panen Raya Jagung di Karo dan Dairi Diperkirakan Januari dan Februari 2019

Selasa, 01 Januari 2019 - 16:45:37 WIB
Dibaca: 2236 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Musim panen raya jagung di Kabupaten Karo akan berlangsung dimulai dari Januari sampai Februari 2019. Bahkan hasil panen musim ini diperkirakan meningkat dari tahun sebelumnya, dikarenakan faktor cuaca mendukung sehingga pertumbuhan tanaman dinilai cukup baik.

Demikian disampaikan Kepala UPT Dinas Pertanian Wilayah 6 Kabupaten Kecamatan Mardingding dan Lau Baleng, Ernawati br Ginting SP kepada www.petunjuk7.com, Minggu (30/11/2018) di Mardingding.

Menurutnya, luas areal tanaman jagung di dua kecamatan tersebut, lebih kurang 13 ribu hektare. Untuk Kecamatan Lau Baleng mencapai seluas 7000 hektare dan Mardinding 6500 hektar.

"Secara khusus untuk musim tanam, petani mendapatkan bantuan bibit jagung hibrida melalui alokasi dana pemerintah. Mudah-mudahan petani jagung kita kali sangat terbantu dengan adanya bantuan bibit jagung tersebut, apalagi kondisi pertumbuhan tanam cukup bagus karena curah hujan cukup, dipastikan hasil panenpun berlimpah," kata Ernawati.

Ditempat terpisah, Lengurus Kelompok Tani Sada Ukurta Desa Perbulan Kecamatan Lau Baleng yang ditemui petunjuk.com , Senin (31/12) di Perbulan, membenarkan, bahwa musim panen Jagung akan dimulai awal januari sampai bulan Februari 2019 mendatang.

"Kami petani jagung di Kecamatan Lau Baleng menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo atas bantuan bibit jagung yang disalurkan melaui Dinas Pertanian Karo, karena diperkirakan hasil panen kali ini cukup memuaskan, termasuk pendampingan petugas lapangan yang tetap mendampingi petani," sebutnya.


Sedangkan, Kepala Desa Perbesi Martinus Sebayang menjelaskan, bahwa sebagian petani di desa itu sudah melakukan panen awal.

Namun menurut Kepala Desa Kuta Bangun Nada Ginting panen jagung di desa itu juga dimulai awal Januari 2019.

Kabupaten Dairi

Selain Kabupaten Karo, ternyata untuk beberapa daerah di Kabupaten Dairi, terkait panen raya jagung tersebar di kecamatan juga terjadi.

Misalnya, KecamatanTanah Pinem, ada di Desa Pasir Tengah, Pasir Mbelang, Pamah, Kuta Nangka dan Kempawa, juga diperkirakan masa panen berlangsung pada awal Januari dan puncaknya bulan pebruari 2019.


Hal itu disampaikan Kepala Desa Pasir Tengah Semangat Sembiring , Kamis (27/12/2018) saat ditanya soal kondisi dan masa panen di daerah tersebut.

"Puncak panen raya diperkirakan pada Februari 2019. Secara umum terangnya, para petani berharap kepada pemerintah agar harga jual jagung dapat diawasi," katanya

Tentang harga jual jagung basah di Kecamatan Tiga Binanga sampai saat ini mencapai Rp.4000/ Kg.

"Semoga harga penjualan jagung tahun ini terus membaik, agar petani jagung bisa lega. Karena beberapa musim sebelumnya petani jagung merugi akibat dampak kemarau," ungkap Obet Sihombing warga Pasir Tengah berharap. (KS).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER