• Follow Us On : 
Ini Protes Warga Terhadap Proyek Drainase di Jalan Udara (Karo) Proyek drainase di Jalan Udara, Kecamatan Berastagi. Foto:KS.

Ini Protes Warga Terhadap Proyek Drainase di Jalan Udara (Karo)

Kamis, 20 Desember 2018 - 14:46:38 WIB
Dibaca: 1521 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Warga mengkhawatirkan proyek pembangunan saluran drainase di Jalan udara, Kelurahan Gundaling II, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, dinilai tidak berfungsi dengan baik.

Sebab, saluran air yang seharusnya mengalir mengarah ke pembuangan, malah menjadi tergenang. Sehingga rentan menjadi  sarang nyamuk.  warga setempat protes dan menyampaikan keluhuhannya kepada sejumlah wartawan.

Demikian diungkapkan T.Tarigan (45), warga Jalan Udara, Rabu  (19/12/2018) kepada wartawan terkait masalah tersebut.

T.Tarigan menili hasil pekerjaan rekanan proyek diduga kadang tidak diawasi oleh pihak Dinas Sumberdaya Air, Cipta karya dan Tata Ruang Kabupaten Karo melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Cipta karya Kabanjahe.

Akibatnya kata T.Tarigan, hasil pekerjaan proyek tersebut tidak maksimal.

"Padahal dana yang diserap oleh proyek ini sesuai yang tertera pada plang proyek mencapai Rp 917.995.500," sebutnya.

"Bila pengawasan dilakukan secara melekat, maka hasilnya pasti bagus. Bukan menyebabkan air jadi tergenang," ungkapnya.

T.Tarigan berharap proyek pembagunan saluran drainase ini berfungsi maksimal agar air yang mengalir tidak tergenang tentu tidak menjadi sarang nyamuk sehingga warga terhindar dari penyakit demam berdarah.

"Proyek ini harus dituntaskan sesuai sepesifikasinya. Bukan membuat berita acara Change Contrak Order (CCO). Nika pekerjaan mengalami kendala, warga terkesan dikelabuhi rekanan, terlebih pekerjaan belum tuntas dan bisa diyakini kontraktor akan mengajukan addendum (perpanjangan kontrak). Karena pekerjaan belum selesai," ketus T.Tarigan.

Sedangkan, pihak Kontraktor Pelaksana CV.WD, yang mengerjakan proyek tersebut bernama Iskandar mengatakan, air yang di drenaise mengalir dengan baik.

"Tidak mungkinlah air yang berada di saluran tersebut mengalir semuanya. Dimana - mana ada parit yang dibangun pasti ada sisa air. Dan kalau pun warga yang disana merasa keberatan, itu sudah mengada - ngada," kata Iskandar singkat yang dihubungi melalui via ponsel, Rabu (19/12/2018).

Nah, pihak UPT. Cipta karya Kabanjahe, Bagian Administrasi, Ermida Br Purba dimintai konfirmasinya melalui via ponsel, terkait proyek tersebut mengatakan, Kepala UPT Cipta karya Kabanjahe, Kornelius Sembiring sedang berada di luar kota.

"Pengawas proyek yang ada di Kelurahan Gundaling II, Lakon Ginting sedang ke lapangan," katanya singkat. (KS).






Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER