• Follow Us On : 
Ziarah Ke Makam Sisingamangaraja XII, Ma ruf Amin: Pancasila Rahmat Bagi Bangsa Indonesia Foto:Hariansib.co

Ziarah Ke Makam Sisingamangaraja XII, Ma ruf Amin: Pancasila Rahmat Bagi Bangsa Indonesia

Sabtu, 06 Oktober 2018 - 15:46:35 WIB
Dibaca: 1615 kali 
Loading...

Petunjuk7.com -  Tokoh kebangsaan Prof DR KH  Ma'ruf Amin bersama istri Wury Estu Handayani didampingi Tuan Syekh KH  Ali Akbar Marbun berziarah ke Makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII di kawasan Soposurung Balige, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Jumat (5/10).

Kedatangan Ma'ruf Amin yang juga calon Wakil Presiden itu disambut Tokoh Komunitas Horas Halak Hita (H3) Tengku Said Pardede - sebagai inisiator kedatangan Ma'ruf Amin ke Tapanuli - didampingi tokoh-tokoh masyarakat Toba Samosir yang tergabung dalam Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) dan Forkala (Forum Komunikasi Lembaga Adat) Toba Samosir.

Hadir juga para bupati di kawasan Danau Toba di antaranya Bupati Tobasa dan wakilnya, Darwin Siagian dan Hulman Sitorus, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Bupati Pakpak Bharat Remigo Yolanda Berutu, Bupati Simalungun JR Saragih dan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Ada juga tokoh tokoh adat dari Kabupaten Pakpak Bharat, tokoh adat dari Kabupaten Dairi, Ketua MUI Tobasa H Jhon Jauharai Samosir, Ketua Siraja Oloan Sumatera Utara sekaligus Dewan Pengarah Tim Kampanye Capres/Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin Sumut, Sanggam SH Bakara.

Sebelum ziarah, tokoh adat dan tokoh masyarakat yang tergabung dalam LADN dan Forkala Toba Samosir, memberikan "boras sipir ni tondi" dan ulos kepada Ma'ruf Amin dan istri.

Ma'ruf Amin menyatakan bangga dan terimakasih atas penghargaan serta penyambutan luar biasa oleh masyarakat Toba Samosir dan masyarakat kawasan Tapanuli secara umum. Cinderamata 'ulos' yang menandakan penghargaan tinggi bagi suku Batak, merupakan kehormatan yang belum pernah diterimanya.


Rahmat

Ma'ruf mengajak masyarakat bersyukur karena telah diwariskan negara yang merdeka. Kemerdekaan tersebut, katanya, bukan hadiah atau pemberian, tetapi hasil perjuangan para pahlawan yang menebus kemerdekaan dengan darah dan air mata.

Ma'ruf Amin berterimakasih kepada Raja Sisingamangaraja XII, atas jasa-jasa dan pengorbanan untuk bangsa dan negara. Para pendiri bangsa juga telah memberikan negara yang bersatu, landasan negara yang kuat yaitu Pancasila dan UUD 1945.

"Pancasila adalah pemersatu Bangsa Indonesia, di mana negara Indonesia terdiri dari berbagai aliran, paham dan agama, yang akhirnya dapat menerima Pancasila sebagai landasan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, saya menamakan Pancasila sebagai titik temu yang menjadi rahmat bagi Bangsa Indonesia," katanya.            

Ditambahkan, landasan negara UUD 1945 merupakan kesepakatan seluruh elemen bangsa. Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat menjaga warisan para pejuang dan pendiri Bangsa Indonesia, seperti  keutuhan Bangsa Indonesia, kerukunan antar agama, kerukunan antar suku dan ras.

"Suku Batak memiliki landasan kekeluargaan yakni 'Dalihan Na Tolu'. Dengan landasan Dalihan Na Tolu, Bangsa Indonesia bisa bersatu
dan lebih kuat. Dengan landasan-landasan tersebut, saya  mengajak masyarakat mengisi negara dengan pembangunan yang lebih baik lagi," katanya.   

Ma'ruf Amin juga mengatakan, akan membantu Jokowi dalam membangun Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

"Ke depan Indonesia tidak akan ada lagi kesenjangan antara yang miskin dan kaya, baik antara pemerintah pusat dan daerah. Sehingga tidak ada lagi daerah yang terlalu maju dan daerah yang terlalu tertinggal," pungkasnya.

Bawa Berkah

Mewakili  kepala daerah di kawasan Danau Toba, Bupati Tobasa Darwin Siagian  mengatakan, kunjungan Ma'ruf Amin di Tapanuli membawa berkah bagi masyarakat kawasan Danau Toba dan memotivasi keberagaman dan kebhinekaan Indonesia.

Darwin mengatakan delapan kabupaten di kawasan Danau Toba saat ini sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan pariwisata. Tahun 2019-2020, Pemkab Tobasa menargetkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba sekitar 1 juta wisatawan.

Sebelumnya, Tengku Said Idris Pardede mengatakan bila Capres/Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin menang di Pilpres 2019, masyarakat kawasan Danau Toba meminta agar permasalahan desintegrasi bangsa dan SARA dapat diselesaikan dengan penegakan hukum. 

Dia juga berterimakasih atas hubungan erat antara NU dan umat kristiani selama ini. Karena menurut dia, masyarakat kawasan Tapanuli mengetahui NU, Ansor dan Banser dengan senang hati turut mengawal ibadah umat kristiani saat merayakan Hari Natal dan tahun baru. Bahkan sampai ada yang gugur karena ikut menjadi korban bom di beberapa gereja.

Lebih lanjut dia mengatakan, Presiden Jokowi tahu kalau daerah Tapanuli masuk dalam peta kemiskinan. Namun ada anugerah yang diberikan Tuhan untuk daerah ini, yaitu keindahan Danau Toba.

Atas dasar itulah, kata dia, Presiden Jokowi memasukkan Danau Toba menjadi salahsatu destinasi wisata super prioritas di Indonesia. 

"Berbagai upaya sudah dilakukan Presiden Jokowi. Itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah penumpang ke Bandara Internasional Silangit tiap tahun.  Jadi pariwisata itu telah mengangkat kehidupan ekonomi masyarakat. Untuk itu kami berharap jika bapak Ma'ruf Amin  nantinya duduk menjadi Wapres mendampingi Jokowi, agar tetap dan lebih memperhatikan kawasan Danau Toba," katanya.

Apresiasi Bandara SISINGAMANGARAJA XII

Ketika ditanya terpisah di sela sela kunjungannya ke Kantor Pusat HKBP, terkait perubahan nama Bandara Internasional Silangit menjadi Bandara Internasional Sisingamangaraja XII, Ma'ruf Amin mengatakan sangat mengapresiasi dan memahami perubahan itu usulan dari masyarakat. 

"Kementerian Perhubungan yang telah menyetujui perubahan nama itu tentu sudah berdasarkan atas usulan masyarakat. Dengan adanya Bandara ini, potensi pariwisata di Tapanuli tentu akan berkembang pesat dan pastinya akan menumbuhkan perekonomian masyarakat di Tapanuli," tuturnya. 

Sementara itu, tokoh masyarakat Sumut yang juga Pengurus Dewan Pengarah Tim Kampanye Daerah Sumut Jokowi-Ma'ruf Amin Sanggam SH Bakara kepada SIB mengatakan, sangat berterima kasih atas kunjungan  Ma'ruf Amin ke Kantor Pusat HKBP. 

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada pak Ma'ruf Amin yang telah mengapresiasi perubahan nama Bandara Internasional Silangit menjadi Bandara Internasional Sisingamangaraja XII," ujarnya. 


Sholat Jumat Bersama

Ma'ruf Amin melakukan sholat Jumat di Mesjid Al- Hadhonah Balige. Ketua Umum MUI non aktif ini sholat bersama masyarakat muslim di sana.

 Ma'ruf yang datang bersama Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI)  Nusron Wahid disambut tokoh-tokoh umat muslim khususnya Badan  Kemakmuran  Mesjid Al- Hadhonah. Usai sholat Jumat, dilakukan juga sholat ghaib untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala. 

Sumber:Hariansib.co 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER