• Follow Us On : 
Pemko Pekanbaru: Rabu Sore, Petang Belimau Digelar di Pinggir Sungai Siak Foto:pekanbaru.go.id

Pemko Pekanbaru: Rabu Sore, Petang Belimau Digelar di Pinggir Sungai Siak

Selasa, 15 Mei 2018 - 18:24:22 WIB
Dibaca: 1616 kali 
Loading...

Petunjuk7.com - Sama dengan ritual budaya tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar Kirab Budaya Petang Belimau, Rabu (16/5). Meksi bergelar Petang Belimau yang selalu identik dengan mandi, untuk pelaksanaan tahun ini tidak dibenarkan pengunjung melaksanan berenang atau menyeburkan diri di Sungai Siak.

"InsyaAllah besok (16/5) Petang Belimau akan digelar di kawasan komplek rumah singgah Sultan atau Tuan Kadi di piggiran sungai Siak. Semua prosesi budaya masih sama dilakukan, tapi tidak ada yang dibenarkan untuk berenang di Sungai Siak," terang Plt Kepala Dinas Pariwsata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Pekanbaru, Ardiansyah SSTP MSi, Selasa (15/5) di Pekanbaru.

Yayan menjelaskan, acara ritual budaya ini dimulai usai sholat Zuhur berjamaah di Masjid Raya Pekanbaru. Setelah itu, ziarah ke Makam pendiri Pekanbaru Makam Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Bukit) dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan) di komplek makam. Usai melaksankaan solat Ashar berjamaah, iring-iringan budaya akan berkerak ke lokasi Petang Belimau.

"Dalam iring-iringan nanti, seluruh peserta diharapkan mengenakan pakaian melayu atau pakaian yang sopan. Karena ini kegiatan budaya yang kental akan adat, diminta juga masyarakat menghormatinya," jelasnya.

Selanjutanya, seluruh prosesi adat akan digelar oleh LAM Kota Pekanbaru. Dijadwalkan, Plt Gubernur Riau Wan Tamrin Hasyim dan Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi serta seluruh Forkopimda di Pekanbaru akan hadir. (R.Hermansyah/Kominfo).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER