• Follow Us On : 
Gerhana Bulan, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Pesisir Indramayu dan Cirebon Foto:okezone.com

Gerhana Bulan, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Pesisir Indramayu dan Cirebon

Rabu, 31 Januari 2018 - 15:31:33 WIB
Dibaca: 1932 kali 
Loading...

Pekanbaru, Petunjuk7.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat di Indramayu dan Cirebon untuk waspada dan berhati-hati akan terjadi gelombang tinggi yang mencapai 2,5 meter saat gerhana bulan.

"Gerhana bulan mengakibatkan pasang air laut naik," tutur Forecaster BMKG Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Izyin, Rabu (31/1/2018).

Selain itu, kata Ahmad, gelombang tinggi yang terjadi di perairan Indramayu dan Cirebon juga diakibatkan adanya angin kencang. Saat ini, gelombang di perairan Indramayu dan Cirebon mencapai maksimum 2,5 meter dan kecepatan angin 5 hingga 35 km/jam.

"Bagi nelayan yang menggunakan perahu kecil diimbau waspada dan berhati-hati. Dan bagi masyarakat yang ingin melihat jelas gerhana bulan bisa memakai alat bantu seperti teropong. Gerhana bulan bisa dilihat dengan kondisi cuaca yang mendukung seperti tidak hujan dan tidak berawan tebal/mendung tebal," ungkapnya.

Sekadar informasi, fenomena alam yang menarik akan kembali terjadi di Indonesia. Akhir Januari ini, masyarakat di Indonesia akan dapat menyaksikan gerhana bulan total.

Dijelaskan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, gerhana bulan total akan terjadi pada 31 Januari 2018. Proses dari fenomena alam yang menarik itu sendiri berlangsung mulai petang.

"Gerhana bulan total 31 Januari akan terlihat di seluruh Indonesia. Proses gerhana mulai pukul 18:48 WIB. Gerhana bulan total pukul 19.52 - 21:08 WIB," jelasnya.


Sumber:Okezone.com




Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER