• Follow Us On : 
Polres Rohil Gelar Simulasi Pengamanan Unjuk Rasa di Pengandilan Negeri Simulasi pengamanan sidang oleh Polres Rohil di halaman Pengadilan Negeri Rohil, Rabu (25/10). Foto:S.Muslim/rls).

Polres Rohil Gelar Simulasi Pengamanan Unjuk Rasa di Pengandilan Negeri

Rabu, 25 Oktober 2017 - 17:06:44 WIB
Dibaca: 1843 kali 
Loading...

Rokan Hilir - Wakil Kepala (Waka) Polres Rohil, Kompol Kurnia Setyawan SIK, bersama Tim Pengendalian Dalmas oleh memimpin simulasi pengamanan sidang di Pengadilan Negeri Rohil, Rabu (25/10/) Pukul. 08:00 WIB, bertempat halaman PN Rohil, dengan sekenario, sidang pembacaan putusan perkara pembunuhan satu keluarga di daerah Nanjar XII, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir.

Selain Waka Kapolres Rohil, turut Tim Pengendalian Dalmas oleh Kasat Sabhara Polres Rohil,.AKP Ruslan bersama para perwira Polres Rohil

Dalam pelaksanaan giat simulasi ini, pihak keluarga dan kerabat korban mengawasi jalannya persidangan dan menyampaikan permintaan mereka untuk menjatuhkan hukuman mati kepada terdakwa.

Saat itu pihak Pengadilan Negeri Rohil melihat adanya potensi gangguan nyata yang langsung menghubungi pihak Kepolisian Sektor Tanah Putih, untuk meminta bantuan satu peleton Dalmas awal.

Selanjutnya Polsek Tanah Putih menurunkan tim Dalmas awal di halaman kantor Pengadilan dengan adegan seolah - olah Dalmas awal melakukan desakan tiga (3) kali dan juga turunkan tim negosiator untuk melakukan negosiasi.

Akan tetapi massa tidak terima atas putusan sidang yang diputus oleh hakim Pengadilan dan masa semakin beringas.

Selanjutnya Kapolsek Tanah Putih menghubungi Kapolres Rohil, meminta bantuan. Kemudian Kapolres Rohil memerintahkan Kabag Ops dan Kasat Sabhara untuk menerjunkan satu kompi Dalmas lanjut ke PN Rohil.

Setelah Tim Dalmas lanjut masuki lokasi, untuk melakukan lapis ganti dari Tim Dalmas awal kepada kompi Tim dalmas lanjut, dan di lokasi terjadi aksi dorong mendorong antara Tim Dalmas lanjut dengan pengunjuk rasa.

Ditengah aksi Tim penembak dilibatkan untuk pembubaran masa bersama Tim pemadam kebakaran dan Tim Evakuasi korban unras.

Melihat memanasnya susana di ruang persidangan, yang mengharuskan Tim Dalmas melakukan pengamanan serta penyelamatan terhadap hakim dan terdakwa oleh Tim Escape yang sudah standby dari belakang ruang sidang untuk melakukan evakuasi penyelamatan terhadap hakim dan terdakwa untuk membawanya ke tempat yang aman.

Pelaksanaan giat ini dipimpin langsung oleh Waka Polres Rohil, Kompol Kurnia Setyawan SIK, dan dibawah pengendalian Tim Dalmas oleh Kasat Sabhara Polres Rohil,.AKP Ruslan bersama perwira Polres yang ikut terlibat giat ini.

Demikian rangkaian giat simulasi penanganan unjuk rasa (unras) yang dilaksanakan berdasarkan surat edaran Mahkamah Agung RI yang berakhir Pukul 11: 00 WIB.

" Demua dalam keadaan lancar, aman dan kondusif serta pelaksanaan giat dengan serius. Ucapan terima asih atas pelaksanaan giat simulasi ini di sampaikan oleh Ketua PN Rohil. Aswir SH, bersama staf PN Rohil, " sebut Wakil Kepala Polres Rohil, Kompol Kurnia Setyawan SIK, melalui Kasubag Humas Polres, Aiptu Yusran Pangeran Chery, SH., kepada www.petunjuk7.com. ( S.Muslim/rls).



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER