MENU TUTUP
Bumi Turang

Perayaan HUT Kabupaten Karo ke 75 Tahun yang Sederhana: Ziaran ke Makam Pahlawan

Senin, 08 Maret 2021 | 15:38:24 WIB Dibaca : 1237 Kali
Perayaan HUT Kabupaten Karo ke 75 Tahun yang Sederhana: Ziaran ke Makam Pahlawan Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karo saat menabur bunga di Makam Pahlawan Kabanjahe, Senin (8/4/2021). Foto: KS
Loading...

Petunjuk7.com - Di tengah pandemi corona, Pemerintah Kabupaten Karo (Pemkab) memperingati  Hari Jadi Kabupaten Karo ke  - 75 dirayakan secara sederhana.

Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan tidak melupakan jejak historis sejarah, Pemkab Karo ziarah ke Makam Pahlawan di  Jalan Veteran, Kabanjahe, Senin (8/3/2021) Pukul 08.10 WIB.

Ziarah ini ditandai dengan upacara dalam memberikan penghormatan kepada para pejuang yang gugur dalam membela bangsa dan negara Indonesia, termasuk para pahlawan pejuang Kabupaten Karo yang dikenal patriotik dan militansi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 


Inspektur dalam upacara tersebut adalah Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo, SIK., kemudian dilanjutkan tradisi peletakan karangan bunga di monumen dan tabur bunga bersama rombongan.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH., MH., Ketua DPRD Propinsi Sumatra Utara, Drs Baskami Ginting, Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwaty Br Sebayang, Ketua DPRD Kabupaten Karo, Iriani Br Tarigan, Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko Hadyanto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten  Davit Kristian Sitepu, Ketua TP PKK Kabupaten Kabupaten Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana dan para OPD dan Camat sert ASN se jajaran Pemkab Karo.


Pada perayaan itu, terlihat semua tokoh dan pejabat yang hadir memakai ciri khas budaya Karo, uis Beka Buluh.

Usai tabur bunga, Bupati Kabupaten Karo Terkelin Brahmana, mengatakan bahwa acara perayaan Hari Jadi Kabupaten Karo ke 75 di Tahun 2021, tidak semarak seperti tahun lalu.

hal ini, lanjutnya, karena situasi Covid-19, sehingga Pemkab Karo tidak melibatkan seluruh kekuatan elemen masyarakat.

"Hal ini, bertujuan membatasi kegiatan masyarakat dan terlebih memperhatikan penerapan protokol kesehatan agar tidak terjadi kerumunan," ujar Terkelin Brahmana.

“Melalui proses yang sangat panjang, Hari Jadi Kabupaten Karo, kita tahu 8 Maret 1946 – 8 Maret 2021 sudah genap 75 tahun, dan tahun inilah kurang meriah, namun kesederhanaan ini tidak mengurangi makna dan nilai-nilai kesejarahan,” kata dia.


Senada Bupati Kabupaten Karo,  Wakil Bupati Kabupaten Karo Cory Sriwaty Sebayang, mengucapkan, " Dirgahayu Kabupaten Karo ke 75, yang hari ini kita peringati dan rayakan secara sederhana menjadi refleksi dan momentum bekerja lebih baik lagi untuk kemajuan pembangunan Kabupaten Karo di segala sektor yang lebih baik lagi kedepan," ucap Cory 


Hari Jadi  Kabupaten Karo resmi ditetapkan pada tanggal 8 Maret 1946.  Hari jadi Kabupaten Karo merupakan runutan dan realita fakta sejarah yang terjadi di Kabupaten Karo 75 tahun yang lalu. 

Penetapan tanggal dan bulan hari jadi didasarkan telaah dan pembahasan serta bukti data otentik pada rekam jejak peristiwa sejarah yang penuh romantisme, patriotisme dan heroisme, berpijak pada landasan historis sosiologis kuat secara de facto dan de jure dalam perkembangannya memiliki bukti kenangan yang membanggakan dengan segala dinamikanya.

Pertama kalinya diperingati, yakni 8 Maret 2018, Kabupaten Karo genap berusia 72 tahun, setelah pada tahun 2017 resmi ditetapkan 8 Maret 1946 melalui sidang paripurna DPRD Kabupaten Karo sebagai Hari Jadi Kabupaten Karo setelah melalui seminar dan proses yang sangat panjang. Dirgahayu Kabupaten Karo ke 75, Me- Juahj-juah ...( KS)

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek AKP Dedy Ginting Sambangi SMAN 1 Simpang Empat, Sekaligus Rekrutmen Calon Polri Tahun 2024

2

Pastikan Aman dari PMK Jelang Lebaran, Babinsa Koramil 02/Tigapanah Cek Langsung Pasar Hewan

3

Kondisi Jalan Di Kota Berastagi Memprihatinkan, Kominfo Leonardo Surbakti: Perbaikan Jalan Tersebut Sudah Terjadwal

4

Danrem 023/KS tutup TMMD ke-119," Sekaligus menyerahkan Mesin Pemipil dan Pengering Jagung serta Sembako kepada Masyarakat

5

Hadiri Penutupan TMMD Ke-119, Bupati Karo Cory S Sebayang: Kegiatan pembangunan yang dilandasi semangat saling asah, saling asih dan saling asuh