MENU TUTUP

Mburo Ate Tedeh: Ratusan Warga Sambut DR Junimart Girsang di Berastagi Cotteg

Senin, 25 Maret 2019 | 08:12:30 WIB Dibaca : 3018 Kali
Mburo Ate Tedeh: Ratusan Warga Sambut DR Junimart Girsang di Berastagi Cotteg Saat DR Junimart Girsang, SH., MBA., MH., disambut oleh warga Desa Gongsol dalam acara tradisi: "Mburo Ate Tedeh," bertempat di lapangan Hotel Berastagi Cotteg, Minggu (24/3) sekitar Pukul 19:45 WIB. Foto:KS
Loading...

Petunjuk7.com - Ratusan warga Desa Gongsol, Merdeka dan Desa Jaranguda sambut kedatangan anggota DPR RI Komisi III , DR Junimart Girsang, SH., MBA., MH., dalam acara tradisi: "Mburo Ate Tedeh," artinya: rindu akan kampung halaman, bertempat di lapangan Hotel Berastagi Cotteg, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatra Utara, Minggu (24/3) sekitar Pukul 19:45 WIB.

Sebenarnya, Mburo Ate Tedeh diadakan karena Junimart Girsang juga bermarga tarigan, yang menurut adat di Kabupaten Karo.

Sedangkan menurut Jamal Tarigan, yang merupakan sukut, atau abang semarga dari Junimart Girsang menjelaskan, acara ini Mboru Ate Tedeh, atau dalam bahasa Indonesia temu kangen keluarga bermarga Tarigan, dan menyambut kedatangan saudara yang sudah lama tidak pulang ke kampung halaman.

"Dulu waktu bibiknya nikah kemari sama marga Surbakti Mumah Bale, bibiknya itu dibikin disini orang tuanya yaitu marga Tarigan, itulah bapak kami, dan karena dia Tarigan sudah lama tidak kemari, tedeh itu artinya rindu, jadi Mburo ate tedeh, artinya rindu kembali, melihat kampung halaman yang sudah lama dia tinggalkan, dan rindu kepada sudara - saudara yang ada di kampung halaman, " ujar Jamal tarigan menjawab www.petunjuk7.com, di sela - sela acara tersebut.

Jamal Tarigan berharap, dengan diadakan acara ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi Junimat Girsang agar kembali mengenal istilah keluarga, dan kehangatan, kebersamaan, supaya tidak pernah hilang.

"Yah, kami sebagai abang dan adik - adiknya Tarigan Margana, berharap kehangatan ini janganlah hanya di rasakan pada malam ini. Kami berharap kebersamaan ini terus tumbuh hingga anak cucu kita nanti," pintanya.

Dalam acara tersebut, Junimat Girsang terlihat bahagia, dan turut mengucapkan terimakasih kepada sanak saudara bere - bere Tarigan Margana, dan berjanji akan terus mempertahankan kebersamaan yang di jalin ini.

"Saya sayang bahagia, berada di tengah - tengah keluarga Tarigan Mergana, saya juga berharap kehangatan ini janganlah cepat berlalu, saya berharap kehangatan ini terus, dan terus akan tumbuh," pinta Junimart Girsang di depan seluruh keluarga Tarigan Margana. (KS).


 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Komsos Dengan Warga, Babinsa Koramil 05/PY Juga Rutin Pantau Wilayah Binaan

2

Demi Menjalin Hubungan Baik, Babinsa Koramil 09/LB melaksanakan Komsos Dengan Warga Binaan

3

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

4

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

5

Warga Tanjung Balai Ditangkap Satresnarkoba Polres Tanah Karo di Kampung Dalam Kabanjahe Karena Si Putih