MENU TUTUP

Ilmuwan Eropa Lacak Bukti Kehidupan di Planet Mars

Sabtu, 02 Juni 2018 | 12:57:48 WIB Dibaca : 3145 Kali
Ilmuwan Eropa Lacak Bukti Kehidupan di Planet Mars Foto:Deutsche Welle.com
Loading...

Petunjuk7.com - Lembaga ruang angkasa Eropa-ESA luncurkan misi ExoMars untuk lacak jejak kehidupan di planet merah itu. Keberadaan gas Methana di atmosfirnya memicu dugaan adanya aktivitas mikrobiologi di dalam tanah Mars.

Misi melacak kemungkinan adanya kehidupan di Planet Mars diawali dengan peluncuran wahana pengorbit Trace Gas Orbiter (TGO) pada tahun 2016. Orbiter bertugas "mengendus" keberadaan gas Methana di atmosfir planet merah itu.

Para ilmuwan dan peneliti di ruang pengendali misi di Darmstadt, Jerman terus melakukan penyesuaian ketinggian orbit TGO.

Saat ini wahana pengorbit dalam misi ExoMars itu sudah berada di ketinggian 400 kilometer di atmosfir Mars dan siap melakukan penelitian.

Meneliti eksistensi gas Methana di atmofir Planet Mars bisa menjadi kunci, untuk membuktikan keberadaan kehidupan dalam tatanan mikrobiologis.

"Kita tahu bahwa siklus hidup gas methana tergolong pendek, hanya ratusan tahun. Gas akan terurai akibat pancaran Ultra Violet yang bagian dari radiasi Matahari, ujar Hakan Svedhem, ilmuwan proyek TGO.

"Tapi kami juga membuktikan, bahwa gas Methana di atmosfer planet Mars terus diisi ulang secara kontinyu. Dari mana asal gas itu? Ini pertanyaan besarnya", ujar ilmuwan dari ESA itu. Diharap spektrometer di wahana orbiter TGO bisa menganalisa, apakah gas methana ini berasal dari sumber geologi non organik atau dari sumber biologis.

Mengebor bakteri di kedalaman tanah Mars

Misi penelitian Mars dilanjutkan dengan rencana peluncuran Rover ExoMars pada tahun 2020 dan pendaratan tahun 2021.

Rover dilengkapi mesin bor yang akan melacak hingga kedalaman dua meter tanah mars, untuk mencari bukti adanya kehidupan.

Bukti mengenai keberadaan gas methana di Atmosfir Mars yang permukaannya kering kerontang itu pertama disuplai oleh rover milik NASA, Curiosity.

Membandingkan dengan kondisi di Bumi, para ilmuwan mengatakan, di planet habitat manusia, gas methana berasal dari dua sumber, biologis dan geologis. Sementara di Mars sumbernya belum jelas.

Kini para periset ESA mengharapkan dapat melacak lebih akurat lagi. Berbagai data dan informasi yang dikumpulkan dalam misi ExoMars, akan jadi basis sangat berharga untuk rencana pendaratan manusia di planet Mars.

"Impian kami, suatu hari nanti, manusia bisa berjalan di permukaan planet merah itu", ujar Svedhem. Yang lebih istimewa lagi, jika kita juga tahu, bahwa Ada Kehidupan di Planet Mars, mungkin di bawah tanah pada kedalaman tertentu. Dengan itu Mars akan jadi tempat yang sangat spesial.

Sumber:Deutsche Welle.com 

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum