MENU TUTUP
Investasi Nasional

Jokowi: "Maret ini, Saya akan Obrak-abrik Perizinan"

Sabtu, 10 Maret 2018 | 10:21:46 WIB Dibaca : 1727 Kali
Jokowi: Foto:sindonews
Loading...

Petunjuk7.com - Di hadapan ribuan undangan peresmian Java Integrated Industrial Ports Estate (JIIPE), Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji melakukan pembenahan perizinan. Dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekspor dan investasi nasional.

"Maret ini, saya akan obrak-abrik perizinan," ungkapnya saat memberikan sambutan dalam kunjungan kerja (kunker) hari kedua di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Jumat (9/3/2018).

Jokowi beralasan, bila pihaknya mendengar sampai saat ini persoalan perizinan menjadi kendala serius. Pihaknya berkali-kali mendapat laporan ada perizinan yang prosesnya berbelit-belit. Padahal, pihaknya sudah melakukan reformasi tahapan perizinan dari pusat hingga di daerah.

"Ngurus izin saja berbelok-belok. Kalau begitu, siapa investor yang mau datang ke Indonesia," katanya lagi.

Padahal, kata Jokowi, bila investasi datang ke Indonesia, maka akan semakin terbuka dan memperbanyak lapangan kerja bagi para pemuda, santri dan masyarakat. Sebab, hanya investasilah yang mampu menjawab kebutuhan bagi para pemuda Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi yang hadir di JIIPE sekitar pukul 15.15 WIB itu memberikan ilustrasi, perbandingan sektor ekspor dan investasi nasional dengan negara tetangga. Menurutnya, saat ini baik investor maupun ekspor nasional kalah dengan Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam.

"Kalau kita tidak segera berbenah, maka bisa-bisa sektor ekspor dan investasi kita kalah dengan Laos dan Kamboja. Padahal, Indonesia ini negara besar, seharusnya kita malu dengan perbandingan dengan negara tetangga," tukasnya.

Karena itu, Jokowi memberikan apresiasi dengan konsep kawasan ekonomi khusus, JIIPE. Selain mengutamakan kerja sama dengan pesantren terdekat yang berencana mengkaryakan para santrinya, juga konsep kerjasama antara BUMN, PT Pelindo dengan swasta. Yang mana di dalamnya ada pelabuhan, industri, serta pembangkit listrik tersendiri.

"Komposisinya untuk pelabuhannya BUMN 60 persen dan swasta 40 persennya. Sedangkan, untuk kawasan industrinya dibalik, BUMN yang 40 persen dan swastanya 60 persen," tukasnya.

Hanya saja, Jokowi berpesan kepada pelaku industri yang berinvestasi di JIIPE agar memperhatikan UKM atau industri kecil di sekitarnya. Yaitu, dengan mengajak kerja sama. Selain membantu pelaku usaha kecil, juga dapat membuka lapangan kerja bagi msayarakat sekitarnya.

"Jangan sampai yang besar semakin besar. Dan yang kecil semakin kecil. Sudah seharusnyalah, pelaku industri JIIPE untuk mengajak usaha yang kecil bersama-sama menjadi besar," kata presiden ketujuh RI itu dengan penekanan.

Usai memberikan sambutan, Jokowi yang melakukan kunjungan hari kedua di Gresik ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi yang didaulat membuka beroperasinya JIIPE. Dalam kunker kali ini, JIIPE yang berlokasi di Kecamatan Manyar, Gresk, Jawa Timur, Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.


Sumber:Sindonews.com

Loading...
Berita Terkait +
Loading...
TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tanpa Pemberitahuan, Presiden Jokowi Tiba Tiba Datang Ke Berastagi, Dandim 0205/TK : Kunjungan Presiden Aman Dan Kondusif

2

Shalat Ied Idul Fitri 1445H, Kodim 0205/TK Berjalan Khusuk dan Khidmat, Dandim Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Ucapkan Selamat Idul Fitri

3

Siswa/i SMA Negeri I Kabanjahe 23 Orang Lulus Jalur Seleksi (SNBP) TP 2023/2024

4

Turis Asing Asal Perancis Berhasil Dievakuasi TIM Gabungan, Kuat Dugaan Diserang Oleh OTK, Kasusnya Sedang Diselidiki Polres Tanah Karo

5

Cek Pos Tugu Juang Berastagi, Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Effendi: Saya menekankan pentingnya penerapan tindakan Preventif, Represif, dan Penegakan Hukum