• Follow Us On : 
Tips Hidup Hemat di Ibu Kota Ilustrasi.Foto:okezone

Tips Hidup Hemat di Ibu Kota

Senin, 07 Agustus 2017 - 00:06:37 WIB
Dibaca: 2027 kali 
Loading...

Sebagaian orang yang hidup di kota besar cenderung berperilaku konsumtif dan boros sehingga sulit untuk hidup hemat. Sebabnya ialah diperlukan adaptasi baik mengenai makanan ataupun hal lain yang awalnya biasa dalam tingkat maksimal, tetapi harus diganti dengan yang minimal.

Hal ini akan menyebabkan kesenangan mereka berkurang ketika berhemat. Padahal, jika diperhitungkan dengan baik, mereka yang hidup di kota besar punya potensi untuk memiliki tabungan lebih besar karena gaji mereka yang cenderung besar dan jika saja mereka tidak terlalu memikirkan untuk hidup mewah.

1. Hindari Pengeluaran Impulsif

Sebagian besar orang menggunakan uangnya untuk sesuatu yang tidak begitu dibutuhkan. Untuk menghindari hal ini, cobalah Anda lakukan hal berikut.

a. Membuat Daftar Belanja

Hasil riset dari Universitas Pensylvania menunjukkan bahwa orang yang dapat menghindari pengeluaran impulsif dapat berhemat hingga 23 persen dari pendapatan mereka. Dengan membuat daftar belanja, pengeluaran bisa sesuai dengan kebutuhan.

b. Hindari Belanja dengan Kartu Kredit

Hal ini kerap dilakukan sebagian orang ketika berbelanja dengan tujuan agar lebih cepat dalam melakukan transaksi. Padahal, penggunaan kartu kredit seperti virus yang dapat membuat ketagihan untuk lagi dan lagi menggunakannya. Terlebih jika ada promo menarik di dalamnya.

2. Punya Stok Makanan yang Banyak

Belanja ketika ada promo menarik untuk beberapa kebutuhan tertentu bisa menjadi solusi berhemat. Pada saat ada promo menarik dan kondisi keuangan sedang baik, kita dapat membeli kebutuhan pokok tersebut dalam jumlah dua kali lebih besar.

Siapa tahu pada bulan selanjutnya, makanan yang kita beli masih dapat dikonsumsi. Oleh karena itu, belilah makanan yang tahan lama agar kita dapat berhemat untuk beberapa bulan ke depan.

3. Berbelanja dengan Harga yang Sesuai

Cara berhemat selanjutnya dengan berbelanja di toko kebutuhan yang menawarkan harga jual lebih murah dibandingkan dengan harga yang dipasang oleh supermarket atau mall.

4. Menyisihkan Sebagian Pendapatan untuk Ditabung

Setiap kita akan berhemat tentu ada aturan menabung tersendiri. Apabila setiap harinya pengeluaran rutin Anda ialah membeli makan siang di luar kantor atau tempat kerja, cobalah hitung berapa uang yang telah dikeluarkan setiap harinya kemudian kalikan selama satu bulan.

Bila hasilnya cukup besar, Anda perlu membuat langkah alternatif apakah pengeluaran ini dapat lebih diperkecil lagi. Jika bisa, sisa dari pengeluaran tersebut dapat disimpan dan satukan dengan tabungan bulanan Anda.

5. Kendaraan Tidak Harus Baru

Begitu banyak jenis kendaraan telah beredar di pasaran, fungsinya untuk mempermudah aktivitas sehari-hari. Bila ingin berhemat, Anda sebaiknya memilih kendaraan bekas yang kondisinya masih bagus dalam hal mesin dan komponen lainnya.

Hal ini bisa lebih menghemat pengeluaran Anda dibandingkan dengan membeli mobil atau motor baru yang beberapa tahun kemudian akan mengalami penurunan harga.

6. Lunasi Tagihan Kartu Kredit

Pernahkah terpikir dalam benak Anda tentang berapa jumlah uang yang telah dikeluarkan untuk membayar utang setiap bulan. Misalnya saja tidak punya utang maka uang tersebut dapat dialokasikan ke dalam tabungan atau dana darurat Anda yang tentu akan bermanfaat pada masa yang akan datang.

Apabila sekarang Anda memiliki utang kartu kredit, usahakan untuk melunasi sepenuhnya sehingga Anda tidak akan dipusingkan lagi dengan tagihan wajib setiap bulannya. (okezone)



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER