• Follow Us On : 
Pemkab Karo Ajak Masyarakat Canangkan Tanam Padi, Jagung, Cabe Dan Bawang Untuk Menjaga Inflasi Kepala Dinas Pertanian, Metehsa Purba saat menyampaikan pentingnya menjaga ketahanan pangan di saat apel

Pemkab Karo Ajak Masyarakat Canangkan Tanam Padi, Jagung, Cabe Dan Bawang Untuk Menjaga Inflasi

Senin, 27 Mei 2024 - 16:31:15 WIB
Dibaca: 232 kali 
Loading...

Petunjuk7.com, KARO [ Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Pertanian giatkan sosialisasi kepada masyarakat untuk menanam padi, cabe jagung dan bawang unutuk menjaga ketahanan pangan maupun inflasi, sosialisasi tersebut disampaikan di saat apel pada hari, Senin 26/5/2024 dihalaman Kantor Bupati Karo.

Penanaman bawang merah, cabe , jagung dan tanaman lainya adalah bukti keseriusan Pemerìntah Kabupaten (Pemkab) Karo dalam mendukung program Kabupaten Karo Unggul melalui sektor pertanian yaitu unggul yang menjadi visi misi Kabupaten Karo dibawah kepemimpinan Bupati Cory S Sebayang.

Kepala Dinas Pertanian Metehsa Purba  menyampaikan disaat apel bahwa rasa bangganya, kekompakan dalam membangun sektor pertanian dalam mendukung pertanian secara khusus di sektor komoditi bawang merah, cabe , jagung, mari kita ajak masyarakat untuk menanam tanaman yang bisa menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Karo. 

“Mewujudkan ketahanan pangan, Dinas pertanian ini tentu tak mudah tanpa ada kekompakan dari masing-masing anggota. Harapan dan doa kita program ini berhasil, usai panen, sisihkan untuk bibit, bangun lagi kemandirian kelompok tani ini, agar makin berhasil dan berkembang,” kata Metehsa Purba. 

Disebutkannya lagi, langkah yang di terapkan ini adalah upaya Dinas Pertanian untuk memandirikan petani binaan. Ia juga mengajak petani untuk bekerjasama melaksanakan program ‘Karo unggul’ yang dapat menyejahterakan petani menuju Karo unggul dalam menangani Ketahanan Pangan.

Kepada para Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Metehsa Purba berpesan untuk terus melakukan pendampingan. Dijelaskannya peran PPL ini yang optimal mulai masa tanam hingga pasca panen akan membantu program pemerintah dalam menangani dampak inflasi terutama keterpenuhan kebutuhan bawang merah.

“Kami yakin, keberhasilan budidaya bawang merah, cabe, jagung dan tanaman lainya, akan membantu perekonomian masyarakat nantinya. Kami ucapkan terima kasih kepada kelompok tani yang telah mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah untuk mewujudkan Karo unggul dalam menjaga ketahanan pangan ini,” tegasnya.

“Kami dari Dinas Pertanian mengajak seluruh masyarakat terutama yang sudah tergabung dalam kelompok tani untuk senantiasa menjaga komunikasi yang baik baik sesama anggota, PPL dan Dinas Pertanian, terutama apabila ada kendala dan masalah terkait pertanian,” ujarnya mengakhiri.

Senada dengan Kepala Dinas Pertanian, salah seorang anggota kelompok tani Makmur Ginting menyampaikan banyak terimakasih kepada Bupati Karo Cory S Sebayang melalui Dinas Pertanian atas bantuan bibit bawang merah varietas Batu Ijo beserta mulsa. Mengingat bawang merah bukanlah komoditi unggulan di Kabupaten Karo, Makmur berharap bimbingan dan pendampingan yang serius dari PPL agar mendapatkan hasil panen maksimal.

“Mohon bimbingan dan arahananya agar kami makin memahani pertanian, terutama dalam mengelola pertanian bawang merah yang memang belum banyak dikembangkan didaerah ini,” kata Makmur.

Sebelumnya Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, menyampaikan bahwa kegiatan tanam bersama ini merupakan kegiatan peningkatan produksi hasil pertanian komoditi bawang merah lewat penyerahan bantuan bawang merah Varietas Batu Ijo oleh pemerintah, dengan harapan ada kesinambungan kedepan”.

Ini tugas bagi kami, kegiatan produksi hasil pertanian komoditi bawang merah sebagai bibit bantuan pemerintah. Semoga menghasilkan panen yang baik sehingga kesinambungan pertanian komoditi ini bisa kita berkelanjutan serta langkah evaluasi bagi kami bagaimana potensi bawang merah di Kabupaten Karo. Harapan besarnya, hasil dari tanam bersama ini bisa jadi contoh bagi desa dan kelompok tani lain,” pungkasnya.

 

Laporan : Surbakti 



Loading...

Akses petunjuk7.com Via Mobile m.petunjuk7.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Loading...
KABAR POPULER